Selasa, 19 Desember 2023
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Kali ini Setir Kanan berkesempatan mengunjungi pabrik Mega Car Factory BYD di Changzhou City, China. Menerima undangan dari BYD, kunjungan kali ini bermaksud untuk menunjukkan kesiapan BYD dalam mensupply dan memenuhi kebutuhan demand di market melalui advanced and massive production facility, ungkap Luther Panjaitan, Head of Marketing Communication, PT BYD Motor Indonesia. Seperti apa keseruan kunjungan Setir Kanan kali ini? Tonton video berikut dan simak artikel ini hingga akhir ya!
BYD sendiri merupakan produsen mobil asal China yang menjadi salah satu produsen terbesar di dunia. BYD terkenal sebagai pemimpin dalam pengembangan teknologi baterai dan mobil listriknya nih, Sobat Setir!
BYD berusaha menjadi yang terdepan bagi inovasi di industri otomotif. Berkomitmen untuk mengurangi jejak karbon dan mendukung peralihan global ke mobilitas berkelanjutan. Pabrik BYD menjadi tempat inovasi terbaru dalam teknologi mobil listrik, dari sistem baterai canggih hingga teknologi kendaraan otonom. Hal ini mencerminkan upaya BYD untuk menjadi pelopor dalam menghadirkan solusi ramah lingkungan di sektor otomotif.
BYD memiliki 8 Mega Factory yang setiap tahunnya mampu menghasilkan hingga 4 juta unit kendaraan. Pabrik mobil BYD dilengkapi dengan fasilitas produksi yang modern untuk merakit mobil listrik dan mengintegrasikan sistem baterai canggih. Diarahkan untuk mencapai standar lingkungan yang tinggi, proses produksi dari lini mereka dirancang dengan mempertimbangkan dampak lingkungan, termasuk penggunaan energi terbarukan dan teknik daur ulang.
Mega Car Factory BYD di Changzhou dibangun pada tahun 2011. Menariknya, pabrik ini hanya membutuhkan waktu 12 bulan mulai dari nol hingga tahapan mass production. Pembangunan pabrik ini terdiri dari 2 fase, dimana fase keduanya sedang dalam tahap pembangunan.
Pabrik BYD di Changzhou adalah salah satu yang terbesar dari pabrik-pabrik milik BYD lainnya. Saat ini, pabrik di Changzhou digunakan untuk membuat lini mobil andalan BYD seperti Seal dan Atto 3. Mampu menghasilkan kapasitas produksi 1.200 unit dalam sehari dalam 2 shift, dengan total produksi sekitar 300.000 unit per tahun.
Pabrik mobil BYD dilengkapi dengan fasilitas produksi yang modern untuk merakit mobil listrik dan mengintegrasikan sistem baterai canggih. Di pabrik ini, mobil-mobil hasil produksi BYD melalui tiga tahapan, mulai dari Pencetakan (Stamping), Pengelasan (Welding) hingga Perakitan (Assembly).
Baca Juga: BYD Dolphin Siap Masuk Indonesia, Ini Dia Review Lengkapnya!
Area pertama di pabrik BYD yakni Stamping atau pencetakan. Area seluas 100.000 m2 di pabrik BYD Changzhou ini digunakan untuk memproduksi panel body / struktur mobil. Dilengkapi dengan mesin pembuat modul stamping dengan kapasitas 2,500 ton yang didesain sendiri oleh BYD.
Mesin utama pressing dikendalikan secara otomatis. Proses penggantian modul stamping bisa diganti otomatis dalam waktu 3 menit, dibandingkan dengan pabrikan di China lainnya rata-rata selama 10 menit. Di bagian Stamping ini tetap ada R&D untuk meneliti defect yang terjadi. Tak heran bila efisiensi pabrik ini bisa mencapai sebesar 50% lebih tinggi dibanding pabrikan China lainnya.
Selanjutnya ada area Welding atau pengelasan. Terdapat 450 karyawan yang bekerja di bagian Welding. Area ini memiliki teknologi laser welding sebagai teknologi yang paling advance, di mana tingkat kerapatan pengelasan rangka sudah hampir tidak terlihat. Di area Welding tetap terdapat R&D untuk melakukan pengecekan random sampling atas potensi miss presisi.
Dengan total robot sejumlah 447 unit di 1 area welding dan total lebih dari 1000 robot untuk keseluruhan pabrik BYD di Changzhou, rasio komposisi otomatisasi bisa mencapai 95% lho Sobat Setir, canggih banget ya! Dengan kombinasi struktur yang advance dan lengkap dari pabrikan BYD membuat lini produk Atto 3 mendapatkan NCAP 5 Star, yakni penilaian dari New Car Assessment Program (NCAP) dalam bentuk rating dengan skala 1 sampai 5. Bintang 5 memiliki arti bahwa mobil telah disematkan sistem keamanan aktif dan sistem keamanan pasif yang sempurna.
Baca Juga: Setir Kanan Kunjungi Pabrik Mobil Listrik BYD di China
Bagian area berikutnya yakni Assembly atau perakitan yang berdiri di tahun 2019 dengan luas area 11.600 m2. Pada tahun 2021, memproduksi kendaraan yang dilengkapi e-platform untuk pertama kalinya.
Di area Assembly, terdapat sistem yang bisa mengukur dan menyimpan data seperti tekanan newton meter kekencangan sekrup sebuah rangka mobil. Sehingga apabila di masa depan ada investigasi atas kecelakaan, data dapat di trace back history berdasarkan kode produksi.
Pabrik BYD memiliki sistem otomatisasi untuk perakitan yang mensinkronkan timing penyatuan antara rangka mobil, platform, dan baterai secara bersamaan. Di area Assembly ini juga tetap terdapat R&D untuk melakukan pengecekan random sampling atas potensi kesalahan produksi.
Nah itu dia sekilas tentang pengalaman Setir Kanan mengunjungi BYD Car Factory di Changzhou, China. Penasaran, seperti apa keseruan Setir Kanan menjelajahi lebih dalam pabrik produsen mobil listrik raksasa BYD? Nantikan update selanjutnya di Youtube Setir Kanan dan website Setir Kanan ya!
Selasa, 25 Juni 2024
Jumat, 22 Desember 2023
Kamis, 20 Juni 2024
Kamis, 21 Desember 2023
Jumat, 12 April 2024
Rabu, 20 Desember 2023
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024