Senin, 22 Januari 2024
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Apakah Sobat Setir sering mendengar istilah mesin Turbo? Dalam dunia otomotif, terma ini sering dikaitkan dengan kecepatan tinggi. Di mobil sendiri, mesin turbo menjadi daya jual tambahan bagi mereka yang mencari mobil yang tangguh secara performa. Lalu bagaimanakah cara kerja mesin turbo?
Di Artikel ini, Setir Kanan akan menjelaskan secara singkat tentang mesin turbo, atau tepatnya Mesin Turbocharged. Setelah itu, kami akan memberikan 5 rekomendasi mobil bekas murah yang sudah memiliki mesin turbo tersebut. Sobat Setir pun dapat merasakan ketangguhan mobil turbo tanpa mengeluarkan budget yang besar.
Sumber: wallpaperflare.com
Turbocharged adalah teknologi dalam otomotif yang berusaha mengefisienkan proses pembakaran dan pembuangan di mesin mobil. Makannya, turbo menjadi tipe mesin sendiri, karena memang komponen dan sistemnya yang agak berbeda dengan mesin biasanya.
Perbedaan itu terletak di sistem pembuangan gas dari mesin. Aliran udara yang keluar dari gas buang mesin, tidak langsung diarahkan ke knalpot. Dalam sistem Turbocharged, aliran tersebut diarahkan ke suatu komponen turbocharger terlebih dahulu. Komponen inilah yang nantinya dapat memberi tenaga lebih pada mobil.
Di dalam komponen turbo ini, terdapat sebuah turbin yang dapat berputar oleh tekanan angin. Setelah itu, kompresor dapat memanfaatkan energi mekanis untuk menghisap lebih banyak udara yang berasal dari luar, ke dalam ruang bakar mesin. Turbin di komponen turbo dapat berputar hingga 150.000 RPM, yang berarti putaran mesinnya lebih cepat sekitar 30 kali lipat dari mesin biasa.
Dengan sistem tersebut, hasil hisapan udara luar dari kompresor membuat ruang bakar menjadi lebih kaya akan oksigen dan juga bertekanan sangat tinggi. Karena hal ini, ketika busi pemantik membakar campuran udara bersama bahan bakar, daya yang dihasilkan pun menjadi lebih besar.
Nah, daya ledak tinggi di ruang bakar inilah yang memicu peningkatan performa mesin secara keseluruhan, sehingga mobil pun melesat dengan kecepatan yang lebih tinggi. Demi pembakaran yang lebih sempurna lagi, biasanya mesin turbocharged juga dilengkapi dengan intercooler untuk menjaga suhu agar mesin tidak overheat.
Baca Juga: Toyota Raize vs Daihatsu Rocky: Mana yang Lebih Irit dan Murah Harganya?
Setelah mengetahui bagaimana cara kerjanya, perlu Sobat Setir ketahui bahwa mobil dengan sistem yang termasuk canggih tersebut tidak selalu mahal. Ada juga lho, mobil murah yang sudah menerapkan sistem turbo pada mesinnya.
Nah, berikut Setir Kanan kumpulkan 5 mobil bermesin turbo yang murah. Di bawah ini, adalah mobil-mobil bekas dengan kualitas yang masih bersaing, namun dengan harga yang miring.
Mobil bermesin turbo pertama yang kami sarankan adalah Toyota Raize generasi awal, yaitu tahun 2021. SUV dari Toyota ini memiliki desain yang gagah, cikal bakal dari desain body Avanza 2021 ke atas. Masih soal desain, tersedia dua tipe pewarnaan yaitu, one tone dan two-tone.
Mobil Toyota Raize 2021 cukup menarik jika dibahas dari sisi mesin, mesinnya menggunakan 3 Cylinder Turbo, In-line, dan 12 Valve DOHC with VVT-i. Mobil ini memiliki kapasitas 1.000 dan 1.300cc, dan kapasitas bensin 36L. Mesin tipe 1000cc saja dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 98 horsepower di putaran 6000 rpm. Selain itu, mesin yang satu ini menghasilkan torsi maksimal hingga 14.3 Nm/2400 - 4000 RPM.
Toyota Raize 2021 bekas dibanderol dengan harga mulai Rp. 180 Juta untuk tipe one-tone dan kapasitas mesin 1.000 cc.
Sumber: commons.wikmedia.org
Unit kedua yang juga patut dipertimbangkan kalau soal mobil bermesin turbo yang terjangkau adalah Wuling Almaz. Untuk standar SUV, Wuling cukup berani memberikan desain lampu yang unik. Lampu yang terlampau tajam dan tipis, dibalut dengan aksen chrome yang menyatu dengan pinggiran grill-nya, memberikan kesan elegan yang cukup sederhana jika dibanding dengan SUV lain di tahun yang sama.
Di bagian dapur pacunya, mobil ini lebih unggul dari Raize. Dengan mesin bertipe DOHC DVVT 1.451 cc yang sudah Turbocharged pastinya, Wuling Almaz generasi pertama (2019) saja dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 140 horsepower pada putaran 5.300 RPM, dengan torsi 250 Nm.
Kelebihan lain dari Almaz juga terletak pada kabinnya yang cukup lega. Mobil dengan dimensi 4655 x 1835 x 1760 mm ini berada di harga Rp. 180 jutaan untuk kondisi bekas keluaran tahun 2019. Cukup terjangkau, namun juga stabil dalam penurunan nilai jual.
Di list selanjutnya, kami menyarankan Daihatsu Rocky 2021 untuk Sobat Setir yang ingin mencari mobil turbo yang murah. SUV legendaris, yang namanya dihidupkan kembali tahun 2019 di Jepang ini baru memasuki Indonesia 2 tahun setelahnya.
Untuk desainnya sendiri, Rocky memberi headlamp sipit dengan grill berbentuk segi enam di tengahnya. Karena tahun masuk yang sama dengan Raize, spesifikasi dari kedua mobil ini pun sering dibanding-bandingkan.
Dari segi mesin contohnya, seperti Raize, Daihatsu Rocky juga memiliki dua jenis kapasitas, 998 cc dan 1.200 cc. Untuk tipe mesinnya sendiri, mobil ini menggunakan mesin 3-silinder dengan kode 1KR-VET untuk 998 cc dan WA-VE pada varian mesin 1.200 cc. Performa yang dihasilkan dari mesin tersebut mencapai 98 horsepower pada 6.000 RPM, dan torsi puncak 140 Nm pada 2.400 RPM hingga 4.000 RPM.
Untuk harga, Daihatsu Rocky lebih terjangkau dengan angka mulai dari 170 Jutaan saja.
Mari move-on dari kelas SUV di tiga rekomendasi sebelumnya, dan membahas unit MPV bermesin turbo dari Wuling. Mobil Wuling Cortez adalah unit yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia sekitar 7 tahun lalu.
Dilihat sekilas saja, Wuling Cortez ini memang memiliki body yang cukup panjang. Dimensinya sendiri adalah 4.780 x 1.816 x 1.755 mm, cukup membuktikan bahwa memang mobil ini sedikit lebih panjang, sehingga kabinnya cukup lega.
Di bagian performa, Wuling Cortez cukup kencang dengan tenaga maksimal 140 horsepower di 5.200 RPM, dengan torsi puncak 250 Nm pada 1.600 - 3.600 RPM. Semua ini dapat dicapai berkat jantung pacunya yang menggunakan mesin 4-silinder 1.500 cc DOHC DVVT.
Mobil Wuling Cortez 2019 dijual di pasaran dengan harga Rp. 160 Juta Rupiah ke atas. Kamu bisa saja mendapat harga lebih murah bila memilih tahun yang lebih tua.
Baca juga: 7+ Rekomendasi Mobil Turbo Murah di Indonesia
Sumber: commons.wikimedia.org
Masih di sekitaran MPV, tepatnya LMPV, Setir Kanan merekomendasikan Chevrolet Spin 2014 untuk mobil turbo termurah. Mobil dengan desain yang khas ini hanya dijual dengan harga mulai 88 Juta Rupiah saja. Ingin tahu apa saja yang kamu dapat dengan harga tersebut?
Pertama, secara performa, Chevrolet Spin ditenagai oleh mesin 4 silinder DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.485 cc mampu menyemburkan 109 daya kuda pada putaran 5.800 RPM serta 142 Nm pada putaran 3.800 RPM, berkat bantuan sistem Turbocharged-nya. Kemudian fitur-fitur yang dimiliki pun tidak kalah dari mobil-mobil saat ini. Contonya, sistem pengereman ABS dan EBD yang sudah dimiliki, dan juga fitur lainnya seperti hiburan.
Demikian 5 rekomendasi mobil bekas dengan mesin turbo yang bisa Sobat Setir dapatkan dengan harga yang murah. Dengan kisaran 88 sampai 190 Juta rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati mobil yang lebih kencang dan juga efisien.
Dengan membeli mobil bekas di Setir Kanan, kamu bisa mendapat unit dengan angsuran yang terjangkau, mulai dari 70.000 Rupiah per hari saja. Tidak hanya itu, jika kamu membeli mobil bekas di Setir Kanan, tenor pembayarannya bisa disesuaikan hingga 5 tahun. Sehingga, perencanaan keuangan Sobat Setir bisa lebih strategis lagi.
Dapatkan penawaran menarik DP 0%, Cukup dengan bayar 2x angsuran pertama untuk unit bertanda khusus, kamu sudah bisa membawa pulang mobil bekas harga cerdas hanya dari Setir Kanan!
Senin, 15 April 2024
Jumat, 14 Juni 2024
Kamis, 14 Maret 2024
Rabu, 12 Juni 2024
Kamis, 07 Maret 2024
Kamis, 30 Mei 2024
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024