Jumat, 19 April 2024
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Dinamo mobil adalah salah salah satu komponen inti yang dapat menggerakkan mobil di setiap perjalanan. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, dinamo mobil juga telah mengalami transformasi yang cukup signifikan, terutama dengan kemunculan mobil listrik.
Melalui perkembangan tersebut, saat ini dinamo mobil tidak hanya digunakan pada mobil konvensional saja, melainkan juga pada mobil-mobil listrik terbaru. Kendati demikian, dengan spesifikasi dan mesin yang berbeda, komponen dinamo mobil listrik dan mobil konvensional pun juga berbeda.
Lantas, apa saja perbedaan antara komponen dinamo mobil listrik dan mobil konvensional? Apa saja fungsi masing-masing komponennya? Berikut informasi selengkapnya untuk Sobat Setir!
Sumber: dubizzle.com
Dinamo mobil listrik terdiri dari beberapa komponen utama yang bekerja sama untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan sebuah mobil. Berikut adalah beberapa komponen utama yang umumnya ditemukan dalam sebuah dinamo mobil listrik:
Baterai pada dinamo mobil listrik adalah komponen utama yang menentukan jangkauan dan kinerja keseluruhan kendaraan. Baterai berfungsi untuk menyimpan listrik yang akan digunakan sebagai tenaga penggerak mobil kemudian menyalurkan arus listrik ke inverter. Baterai pada dinamo mobil listrik sering kali menggunakan teknologi lithium-ion yang canggih untuk memberikan daya yang kuat dan tahan lama.
Controller merupakan otak dari sistem mobil listrik. Controller berfungsi untuk mengatur daya listrik yang menuju inverter dan aliran listrik dari baterai ke motor listrik. Selain itu, controller juga berfungsi untuk mengatur kecepatan dan arah putaran roda mobil, serta memastikan efisiensi energi yang optimal.
Inverter bertanggung jawab untuk mengubah arus listrik searah (DC) dari baterai menjadi arus bolak-balik (AC) yang diperlukan oleh motor listrik, dan sebaliknya, inverter juga akan mengubah AC ke DC saat mobil direm. Hal ini kemudian yang memungkinkan motor untuk beroperasi dengan efisiensi tinggi.
Auxiliary Battery atau baterai tambahan adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menyediakan daya listrik untuk sistem non-penggerak kendaraan, seperti sistem hiburan, lampu, klimat kontrol, dan lainnya.
Meskipun mobil listrik memiliki baterai utama yang menyediakan daya untuk motor listrik, baterai tambahan diperlukan untuk menyediakan daya bagi sistem-sistem lainnya di mobil.
Sistem termal pada dinamo mobil listrik berfungsi untuk menjaga suhu baterai agar tetap dalam rentang yang aman. Ini melibatkan penggunaan pendingin dan pemanas yang canggih untuk mengoptimalkan kinerja dan umur pakai baterai.
DC Converter pada dinamo mobil listrik sangat penting karena hampir semua sistem di dalam mobil listrik memerlukan daya listrik DC untuk beroperasi. DC Converter mengubah daya listrik dari baterai mobil yang umumnya tersimpan dalam bentuk arus searah (DC).
Ini menjadi format yang dapat digunakan oleh sistem-sistem elektronik mobil seperti motor listrik, sistem pengereman, sistem hiburan, dan lainnya yang memerlukan daya DC. Dengan demikian, DC Converter menjadi salah satu komponen kunci dalam menjaga kinerja dan efisiensi mobil listrik, serta memastikan bahwa semua sistem elektroniknya dapat beroperasi dengan lancar.
Baca Juga: Ball Joint Mobil: Fungsi, Penyebab Kerusakan & Harganya di OLX!
Sumber: lifepal.co.id
Jika tadi kita sudah mengetahui apa saja komponen pada dinamo mobil listrik, berikut adalah komponen-komponen yang terdapat dalam dinamo mobil konvensional yang dijual di OLX:
Magnetic switch adalah komponen pada dinamo mobil konvensional yang mengontrol aliran listrik menuju dinamo mobil. Magnetic switch berfungsi sebagai sakelar menghubungkan sistem starter dengan aki kendaraan, dan mengatur kapan dinamo mobil mulai dan berhenti menghasilkan listrik. Magnetic switch ini biasa juga dikenal dengan istilah solenoid.
Armature coil adalah komponen dinamo mobil yang berbentuk kumparan. Komponen satu ini berputar di dalam medan magnet stator saat arus dialirkan. Ketika arus listrik dialirkan melalui armature coil, medan magnet yang dihasilkan oleh arus tersebut berinteraksi dengan medan magnet dari stator. Interaksi ini menyebabkan armature coil berputar, menghasilkan gerakan mekanis. Seperti menggerakan roda kendaraan.
Commutator adalah bagian dari dinamo mobil yang mengubah arah aliran listrik saat Armature Coil berputar, memastikan aliran listrik yang stabil ke sistem kendaraan. Komponen ini juga berperan mencegah terjadinya hubungan arus pendek dalam sistem starter mobil.
Motor housing adalah “rumah” tempat semua komponen dinamo mobil berada. Komponen ini berbentuk tabung dari bahan logam yang memberikan perlindungan dan dukungan untuk komponen-komponen yang ada di dalamnya.
Driven pinion adalah gigi kecil yang terhubung dengan dinamo mobil untuk menggerakkan dinamo menggunakan tenaga dari mesin mobil. Ada dua jenis Driven Pinion, yaitu Driven Pinion Gear dan Driven Pinion Brush. Driven Pinion Gear berfungsi sebagai sebagai penghubung putaran yang diperoleh dari motor listrik ke bagian poros engkol melalui flywheel. Sedangkan Driven Pinion Brush untuk memutuskan maupun menghubungkan putaran starter ke flywheel.
Plunger adalah bagian mekanis yang membantu dalam mengatur aliran bahan bakar ke mesin mobil untuk menyalakan kendaraan. Plunger terletak di dalam motor listrik dan berbentuk seperti batang yang terbuat dari logam dan bergerak maju mundur.
Baca Juga: Alternator Mobil Bermasalah? Simak Solusinya di Sini!
Caps adalah bagian yang menyekat dan melindungi komponen-komponen internal dari debu, kotoran, dan kerusakan mekanis. Caps didesain khusus dan terbuat dari bahan logam atau sintesis.
Drive lever adalah bagian yang memungkinkan dinamo mobil untuk dikendalikan, terutama dalam proses pemasangan dan penggantian. Drive lever berfungsi untuk menghubungkan sistem penggerak ke bagian yang harus di aktifkan, dengan cara bekerja maju mundur dengan bantuan piston.
Overrunning clutch adalah kopling yang memungkinkan dinamo mobil untuk berputar lebih cepat daripada mesin saat distarter untuk mengalirkan tenaga yang dibutuhkan.
Yoke adalah struktur pengikat yang mendukung dan memungkinkan gerakan dari komponen dinamo lainnya yang terbuat dari baja atau besi dan terhubung langsung ke bagian roda gigi mesin. Yoke berperan untuk mengalirkan daya dari motor starter ke roda gigi mesin.
Pole adalah bagian dari dinamo yang terhubung langsung ke baterai dan menghasilkan medan magnet penting untuk menghasilkan listrik. Pole berfungsi sebagai tempat pemasangan kawat tempat penghantar arus listrik ke motor starter.
Rotor & Gear adalah komponen-komponen dinamo mobil konvensional yang berfungsi untuk menggerakkan flywheel dan bertanggung jawab untuk mengubah gerakan putar menjadi energi listrik.
Flywheel adalah roda berat yang membantu menjaga kestabilan rotasi dari mesin dan dinamo mobil yang berfungsi menyimpan energi kinetik pada mesin.
Penggerak motor adalah bagian yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanis untuk menggerakkan rotor pada dinamo mobil.
Baterai adalah sumber energi utama yang digunakan untuk menyalakan dan memberikan daya pada dinamo mobil dan sistem elektrikal lainnya dalam kendaraan.
Itulah perbedaan komponen pada dinamo mobil listrik dan konvensional. Meskipun teknologi mobil terus berkembang, pemahaman tentang komponen-komponen dasar dalam dinamo mobil konvensional tetaplah penting. Ini akan membantu para pemilik mobil untuk memahami cara kerja kendaraan dan memungkinkan teknisi untuk melakukan perawatan dan perbaikan yang diperlukan.
Dengan memahami perbedaan antara komponen-komponen dinamo mobil listrik dan mobil konvensional, akan membantu konsumen dalam membuat keputusan yang lebih baik saat memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.
Apabila Sobat Setir berencana untuk mencari dinamo mobil atau sparepart mobil lainnya, kamu bisa mencarinya di toko aksesoris atau toko sparepart terdekat di daerahmu. Atau ingin beli mobil baru tapi budget terbatas? Tenang saja, kamu bisa membeli mobil bekas di Setir Kanan. Setir Kanan menyediakan berbagai pilihan mobil bekas harga cerdas.
Dengan DP 0% atau 2 kali pembayaran angsuran di awal ditambah biaya admin (unit bertanda khusus) dan cicilan yang ringan, mulai dari 70 ribuan per hari, kamu sudah bisa membawa pulang mobil bekas impianmu.
Tunggu apalagi? Segera kunjungi Setir Kanan sekarang juga!
Rabu, 12 Juni 2024
Senin, 09 Oktober 2023
Rabu, 23 April 2025
Rabu, 23 April 2025
Selasa, 22 April 2025
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024