Senin, 31 Juli 2023
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Perkembangan teknologi di bidang otomotif telah memberikan banyak perubahan besar dalam hal inovasi fitur pada kendaraan, di mana paddle shift adalah salah satu contohnya.
Fitur unggulan pada mobil transmisi otomatis ini sengaja dihadirkan bukan sebagai aksesori semata, melainkan memiliki fungsi khusus untuk membuat kendaraan lebih nyaman dikendarai.
Meskipun identik dengan mobil bertransmisi otomatis, namun fitur ini umumnya lebih banyak diadopsi oleh jenis mobil matic CVT (Continuously Variable Transmission).
Nah, bagi Sobat Setir yang masih penasaran akan fitur ini, yuk, simak pembahasan lebih lengkapnya berikut ini.
Sumber : pexels
Paddle shift adalah tuas kecil yang terletak di belakang roda kemudi sisi kanan dan kiri, yang memungkinkan pengemudi untuk memindahkan gigi transmisi otomatis secara manual menggunakan jari.
Pada sisi kanan, tuas kecil ini memiliki simbol (+) yang berarti untuk memindahkan transmisi ke posisi gigi yang lebih tinggi. Sedangkan, pada sisi kiri tuas ini memiliki simbol (-) yang berfungsi sebaliknya.
Dengan adanya fitur ini, maka pengemudi dapat melakukan akselerasi seperti pada mobil manual hanya dengan sentuhan jari tanpa perlu repot memindahkan tuas transmisi.
Menilik sejarahnya, fitur paddle shift ini awalnya hanya tersedia pada mobil balap Formula 1 (F1) yang berfungsi untuk mempermudah pengemudi melakukan perpindahan gigi.
Dengan diletakkan di balik roda kemudi, maka pembalap F1 bisa tetap fokus dan konsentrasi pada laju kendaraan tanpa harus melepas posisi tangan dari setir.
Bukan hanya berfungsi untuk melakukan perpindahan gigi secara lebih praktis, paddle shift juga ternyata memiliki beberapa fungsi penting lain yang mungkin tidak diketahui pemiliknya.
Apa sajakah itu? Berikut beberapa fungsi paddle shift yang perlu Sobat Setir ketahui.
Pada kondisi darurat tertentu terkadang pengemudi harus menghentikan mobil secara mendadak. Di sinilah paddle shift bisa berguna untuk membantu kamu melakukan engine brake.
Sebagai informasi, engine brake adalah teknik memperlambat laju mobil dengan cara mengandalkan putaran mesin saat transmisi diturunkan ke gigi yang lebih rendah. Sehingga membantu meringankan kerja rem mobil dalam memperlambat laju mobil.
Untuk melakukan engine brake menggunakan paddle shift caranya yaitu cukup menekan tuas dengan simbol (-) dan gigi akan turun secara otomatis.
Saat ingin menyalip kendaraan lain atau ketika berkendara di jalan tol, Sobat Setir tentunya perlu menaikkan posisi gigi agar kecepatan mobil meningkat, bukan?
Nah, dengan adanya fitur paddle shift ini maka kamu bisa mempercepat kecepatan mesin dengan lebih mudah.
Meskipun begitu, pastikan untuk tetap berhati-hati dan memperhatikan batas maksimal kecepatan guna menjaga keselamatan diri dan pengendara lain di jalan.
Memiliki fungsi penting untuk kemudahan dan keamanan pengendara, itulah sebabnya sebaiknya Sobat Setir tahu mengenai cara penggunaan paddle shift.
Apalagi jika mobil yang kamu miliki memang sudah dibekali dengan fitur canggih ini.
Lantas, bagaimana cara menggunakan paddle shift? Untuk mengaktifkan fitur ini bisa berbeda-beda pada tiap jenis mobil.
Ada yang cukup menggunakan mode Drive lalu menekan paddle shift, tapi ada juga yang harus memindahkan ke mode Sport dahulu untuk menggunakannya.
Namun yang perlu kamu ketahui, saat paddle shift diaktifkan dalam mode Drive maka transmisi akan memindahkan persneling secara semi manual.
Sedangkan dalam mode Sport, maka paddle shift akan bekerja secara manual sepenuhnya sehingga pengemudi dapat mengatur perpindahan gigi layaknya pada mobil manual.
Sumber : thedrive.com
Seperti yang telah disebutkan di atas, tidak semua mobil transmisi otomatis dibekali oleh fitur paddle shift ini.
Bagi kamu yang tertarik untuk membeli mobil dengan paddle shift, berikut beberapa pilihannya sebagai referensi.
Mobil 7 seater MPV yang diluncurkan pada tahun 2019 ini menjadi satu-satunya varian Daihatsu Sigra yang dibekali dengan fitur paddle shift.
Mobil ini menggunakan mesin 1,2L Petrol Engine, In-line 4 Cylinder 16 Valve DOHC dengan kapasitas 1197 cc yang mampu menghasilkan tenaga 87 HP dan torsi 108 Nm.
Kisaran harga Daihatsu Sigra 1.2 R DLX AT baru: Rp182,6 juta
Kisaran harga Daihatsu Sigra 1.2 R DLX AT bekas: Rp121,5 juta-Rp163,4 juta
Tak cuma tipe R, Setir Kanan juga punya Sigra matic bekas lainnya yang bisa kamu cek DISINI.
Honda Jazz RS CVT adalah merupakan mobil hatchback 5 seater yang popularitasnya masih ramai di Indonesia karena tampilannya yang sporty dan kinerja mesinnya unggul.
Varian Honda Jazz satu ini ditenagai oleh mesin Petrol 1499 cc dengan konfigurasi 4 silinder segaris, 4 Valve, SOHC yang disandingkan dengan transmisi Variable Speed CVT.
Berkat penggabungan keduanya tersebut, mobil ini memiliki performa yang mampu menyuguhkan tenaga 118 HP dengan torsi 145 Nm.
Kisaran harga Honda Jazz RS CVT baru: -
Kisaran harga Honda Jazz RS CVT bekas: Rp150 juta-Rp258 juta
Tak cuma itu, Setir Kanan juga punya Honda Jazz matic bekas lainnya yang bisa kamu cek DISINI.
Hadir dengan desain sporty sesuai namanya, Mitsubishi Xpander Sport CVT 2022 merupakan MPV yang cocok untuk dijadikan sebagai mobil keluarga.
Selain unggul soal kenyamanan dengan kabin lega, hadirnya fitur paddle shift adalah keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh mobil ini.
Dari sektor mesin, mobil ini ditenagai oleh mesin Petrol 1499 cc dengan konfigurasi 4 silinder segaris, 4 Valve, DOHC yang mampu menghasilkan tenaga 104 HP dengan torsi 141 Nm.
Kisaran harga Mitsubishi Xpander Sport CVT 2022 baru: Mulai dari Rp309,5 juta
Kisaran harga Mitsubishi Xpander Sport CVT 2022 bekas: Rp250 juta-Rp280 juta
Memiliki dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm, Toyota Avanza 1.3E AT merupakan mobil MPV 7 kursi yang cukup nyaman untuk kebutuhan keluarga.
Tak hanya itu, konsumsi bahan bakar Avanza satu ini juga terbilang hemat karena mampu menempuh jarak hingga 14,8 km per liter bensin.
Di sektor mesinnya, mobil irit BBM ini ditenagai oleh mesin Petrol 1329 cc dengan konfigurasi 4 silinder segaris, 4 Valve, DOHC yang menyuguhkan tenaga 95 HP dengan torsi 121 Nm.
Sayangnya, varian yang diluncurkan tahun 2021 ini sudah tidak diproduksi lagi oleh Toyota dan digantikan dengan varian Toyota Avanza 1.3E CVT 2022 yang justru tidak memiliki paddle shift.
Kisaran harga Toyota Avanza 1.3E AT baru: -
Kisaran harga Toyota Avanza 1.3E AT bekas: Rp155 juta-Rp175 juta
Tak cuma itu, Setir Kanan juga punya Toyota Avanza matic bekas lainnya yang bisa kamu cek DISINI.
Memiliki mobil dengan fitur unggulan tentunya menjadi impian banyak orang. Namun, dengan harga barunya yang rata-rata masih relatif mahal, membuat sebagian orang mengurungkan niatnya.
Jika kamu adalah salah satunya yang mengalami hal ini, mempertimbangkan beli mobil bekas di Setir Kanan adalah salah satu solusinya.
Di Setir Kanan, kamu bisa menemukan berbagai pilihan mobil bekas harga cerdas dengan tahun muda dan tersedia juga pilihan transmisi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
Tak hanya itu, Setir Kanan juga menawarkan paket kredit mobil dengan DP 0% dan angsuran mulai dari Rp70 ribuan/hari untuk kamu yang punya budget terbatas.
Punya mobil yang ingin dijual untuk tambah dana beli mobil baru? Ada juga layanan jual/tukar tambah mobil yang bisa Sobat Setir pilih. Yuk, kunjungi Setir Kanan sekarang!
Senin, 12 Februari 2024
Selasa, 04 Juni 2024
Sabtu, 02 Desember 2023
Senin, 05 Februari 2024
Senin, 25 September 2023
Rabu, 29 November 2023
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024