Selasa, 28 Maret 2023
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
sumber: repairsmith.com
Saat dalam keadaan mendesak, cara menambal ban tubeless ini akan sangat membantu. Sobat Setir bisa kok melakukannya sendiri secara mudah dengan bantuan perlengkapan tire repair kit yang kini bisa didapatkan dengan harga terjangkau.
Paket tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan beberapa peralatan, seperti pembuka lubang (cleaning hook), lem (tube fix glue), karet penambal (bar patching rubber), dan pengait (fixing hook).
Jika perlengkapan alat sudah siap, bisa langsung menerapkan beberapa cara berikut. Panduan ini sangat direkomendasikan untuk pemula karena langkah-langkahnya sederhana dan mudah diikuti.
sumber: otomotif.kompas.com
Cara menambal ban tubeless pertama ini adalah yang paling mudah dilakukan dan sering dipilih oleh penambal ban di bengkel. Namanya adalah teknik tip top. Disebut begitu karena penambalan dilakukan dengan sangat instan, yakni dengan menempelkannya di bagian dalam yang bocor.
Cara tip top juga bisa mengatasi kebocoran ban tubeless di bagian samping lho. Tapi hanya untuk tingkat kebocoran rendah ya, bukan kebocoran robek.
Karena penambalan dilakukan dari dalam, hasilnya lebih rapi. Selain menjaga penampilan, tambal ban mobil ini diklaim lebih kuat dan tidak mudah bocor kembali.
Berikut panduan menambal ban tubeless dengan teknik tip top.
Sebelum melakukan penambalan tip top, ban harus dilepaskan dulu dari peleknya. Selain karena penambalan dilakukan dari dalam, memisahkan velg dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada sisi lain ban.
Akan tetapi, sebelum dipisahkan, pastikan bagian yang bocor sudah ditandai.
Setelah ban dipisahkan dari peleknya, bersihkan bagian yang bocor dari kotoran. Pastinya dengan air dan sikat. Tapi hanya di bagian bocornya saja ya, tidak perlu secara menyeluruh.
Cara ini dilakukan agar lem tambal tip top yang dipasang nanti dapat merekat dengan kuat.
Pada proses penambalan tip top ini, lem tambal yang digunakan adalah lem khusus berupa patch. Patch tip top karet ini biasanya sudah satu paket dengan tire repair kit. Langsung saja tempel pada bagian ban.
Rubber patch yang sudah terpasang harus ditekan-tekan untuk memastikan merekat dengan kuat pada bagian yang bocor. Tunggu 10-20 menit hingga mengering, barulah kemudian ban dapat dipasang kembali ke peleknya.
sumber: carshtuff.com
Cara menambal ban tubeless berikutnya juga mudah, yakni dengan metode string.
Metode string adalah menambal ban dengan cara melubangi ban yang bocor, kemudian menutupnya dengan karet tambalan berbentuk cacing.
Dibanding cara sebelumnya, cara ini lebih praktis dan ramah pemula karena Sobat Setir tidak perlu repot-repot melepas ban dari peleknya. Untuk langkah-langkahnya yakni sebagai berikut.
Langkah pertama, harus dicari tahu dulu penyebab kebocoran. Paling mudah diketahui apabila penyebab kebocoran masih menempel di ban, semisal karena paku atau kaca yang menancap.
Perlu diketahui, metode string hanya bisa mengatasi kebocoran di bagian permukaan ban saja ya. Bukan yang di bagian samping, atau mengatasi titik bocor lebih dari satu dan berdekatan.
Kalau tidak menemukan tanda apapun di permukaan ban, kamu bisa menyiramnya dengan air sabun. Sebelum disiram, pompa dulu ban mobil sampai cukup tekanannya. Jika terdapat gelembung udara di bagian tertentu, di situlah letak kebocorannya.
Kalau titik kebocoran sudah ditemukan, segera tandai di bagian titiknya dan lingkari.
Titik bocor sudah ditemukan, nah saatnya dilubangi. Langkah ini bertujuan agar lubang mudah dibersihkan. Jika permukaannya bersih, tentunya akan berpengaruh terhadap daya rekat tambalan nantinya.
Melubangi titik kebocoran ini dilakukan menggunakan alat pembuka lubang. Tusuk bagian bocor yang sudah ditandai dengan cara memutar ulir hingga benar-benar masuk dan bagian yang bocor sedikit terbuka lebih lebar. Kemudian, cabut dengan cara memutar ulir kembali ke arah sebaliknya.
Titik bocor sudah bersih, maka selanjutnya melakukan penambalan menggunakan karet penambal berbentuk cacing yang memanjang. Lem ini biasanya sudah termasuk dalam pembelian tire repair kit, yakni berjumlah sekitar empat sampai lima buah karet.
Ambil satu karet saja, lalu masukkan sampai setengahnya ke lubang di alat pengait (fixing hook). Setelah itu, oleskan lem (tube fix glue) ke karet tadi. Pastikan lem dioleskan secara menyeluruh di permukaan karet.
Selanjutnya, tusuk lagi titik kebocoran dengan pengait. Tekan kuat sampai setengah karet masuk ke dalam ban. Ingat, ya: hanya setengah bagian karet. Kemudian, tarik pengait dengan cepat sampai karet tertinggal di ban.
Untuk mengatasi bagian karet yang menjuntai hanya perlu digunting saja. Kalau belum rapi juga, boleh kok dirapikan menggunakan pisau. Tapi hati-hati ya, jangan sampai merusak permukaan ban.
Bila dirasa sudah beres, jangan lupa mengecek kebocoran menggunakan air sabun untuk memastikan tambalan berhasil menutup celah kebocoran.
sumber: instructables.com
Cara menambal ban tubeless berikutnya hanya perlu menggunakan cairan. Penggunaan cairan ini tergolong lebih cepat dari metode lain. Begini cara mengaplikasikannya.
Pertama, siapkan dulu cairan khusus untuk mengatasi ban bocor. Biasanya, cairan ini dijual di bengkel, namun saat ini bisa didapatkan dengan mudah di toko online.
Nah, cairan sudah disiapkan. Sebelum memasukkannya, lepas katup atau pentil pada ban. Tidak perlu khawatir dengan paku yang masih menancap. Fokus dulu saja pada proses memasukkan cairan.
Setelah katup terlepas, pasang pipa kecil dari kemasan botol cairan pada lubang katup. Kocok-kocok botol cairan, lalu masukkan cairan melalui pipa tadi sesuai takaran yang dianjurkan pada kemasannya.
Segera setelah cairan dimasukkan, cabut paku yang tertancap dan langsung putar-putar ban mobil agar cairan melapisi bagian dalam ban tubeless secara menyeluruh. Dalam waktu cepat, lubang bekas benda tajam tadi akan menutup secara otomatis. Tapi, cairan ini hanya bisa menutup kebocoran halus saja ya.
Jika dibandingkan dengan beberapa metode sebelumnya, memang cara menambal ban tubeless menggunakan cairan sangat ajaib. Hanya beberapa detik saja, lubang tertutup rapi.
Akan tetapi, di balik kemudahan tersebut, ternyata metode ini menyimpan risiko merugikan di kemudian hari sebagai berikut.
Membuat ban tidak dapat diisi angin akibat cairan menyumbat lubang katup.
Membuat velg berkerak hingga mengeropos.
Membuat ban tubeless tidak bisa ditambal lagi apabila mengalami kebocoran.
Cairan anti bocor memiliki senyawa korosif dan dapat merusak ban dari dalam.
Dari segi harga memang menguntungkan. Tapi melihat sejumlah risiko di atas yang akan merugikan dan mungkin membahayakan diri, sebaiknya bawa saja ke bengkel yang terpercaya untuk mendapatkan penanganan tepat dan aman. Seperti memilih bengkel yang terpercaya, memilih mobil bekas harus yang berkualitas harga cerdas di tempat terpercaya dan kualitas unitnya bisa dibuktikan sendiri seperti Setir Kanan.
Di Setir kanan, kamu bisa mendapatkan mobil dengan DP 0% dengan unit yang bertanda khusus. Kamu bisa membawa pulang mobil impianmu dengan mudah cukup dengan bayar pertama sejumlah dua kali angsuran yang sudah termasuk biaya admin dengan unit bertanda khusus dan ini otomatis memotong masa tenor kredit kamu! Cicilannya ringan, cuman seharga kopi harian kamu atau cuman Rp. 70 ribuan per hari atau setara juga Rp. 2 jutaan per bulan. Tunggu apalagi? Segera kunjungi Website Setir Kanan dan dapatkan mobil impianmu sekarang juga. Karena cuman di Setir Kanan tempatnya mobil bekas berkualitas harga cerdas!
Sabtu, 27 Juli 2024
Rabu, 17 April 2024
Kamis, 05 September 2024
Jumat, 28 Juni 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Kamis, 06 Juni 2024
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024