Jumat, 26 Juli 2024
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Keseruan di acara GIIAS 2024 yang mulai dibuka dari 18 Juli 2024 masih berlanjut. Setelah mengeksplor beberapa unit menarik yang ada di sini, Tim Setir Kanan mendapat kesempatan untuk menikmati Toyota Rangga first drive.
Mobil pickup unik ini hadir dengan body berotot yang terlihat kokoh. Kira-kira bagaimana impresi berkendara yang bisa kita dapatkan dari Toyota Hilux Rangga terbaru ini? Simak artikelnya sampai akhir!
Memiliki nama khas Indonesia, tentu ada beberapa orang yang mungkin penasaran akan apa arti dibalik nama Rangga ini. Rangga sendiri merupakan kata yang berarti Pahlawan dalam Bahasa Jawa.
Jadi, harapannya mobil ini bisa menjadi pahlawan untuk mendukung para pelaku usaha untuk memajukan bisnisnya.
Ketika kita pertama kali melihat Toyota Hilux Rangga, terlintas sebuah impresi mobil yang kuat dan kokoh untuk menerjang segala hambatan. Apakah impresi berkendara nya memang sebagus dan secantik tampilan luarnya? Mari kita bahas lebih dalam.
Aspek pertama yang akan kami bahas adalah soal kenyamanan. Dengan bodi sebesar ini, Toyota Hilux Rangga mampu memberikan kelegaan ruang untuk penumpang dan pengemudi.
Dengan melihat konfigurasi sedemikian rupa yang bisa dirasakan dari mobil ini, memang benar jika Toyota ingin memboyong sebuah unit mobil yang memanusiakan manusia. Salah satu contohnya bisa kita lihat dari jok yang disematkan.
Kursi penumpangnya cukup unik dengan konfigurasi yang berbeda dengan pickup pada umumnya. Di sini, kita bisa menemukan dua kursi dengan ukuran yang berbeda. Kursi untuk pengemudi ukurannya lebih kecil, sementara kursi penumpang dibuat lebih besar.
Idealnya, konfigurasi kursi ini hanya cocok untuk menampung dua orang saja. Namun dalam kondisi tertentu, kursi penumpang yang lebar ini bisa digunakan untuk memuat dua penumpang, meski posisi duduk akan menjadi kurang nyaman.
Di sebelah dua jok ini juga sudah tersedia sabuk pengamanan tiga titik yang semakin menjamin keamanan berkendara, terutama untuk jarak jauh.
Satu hal menarik dari unit Toyota Hilux Rangga adalah bagaimana usaha Toyota untuk memaksimalkan kenyamanan pengemudi. Di mobil ini, terdapat posisi duduk yang begitu nyaman.
Platform yang digunakan untuk interior mobil ini adalah AMV, yang mana juga digunakan di mobil-mobil premium seperti Toyota Hilux dan Fortuner. Posisi driving yang commanding ini juga memungkinkan pengemudi untuk mendapatkan visibilitas yang lebih maksimal ketika berkendara.
Setirnya sendiri juga sudah adjustable dan bisa diatur tilt nya. Dalam pengetesan, radius putar Toyota Hilux Rangga juga terbilang bagus.
Bentuk eksterior dari mobil ini berbeda dengan mobil-mobil pada umumnya dengan desain yang pesek di depan. Mesin yang ditempatkan di bagian depan bisa memberikan kenyamanan tersendiri untuk pengemudi dan penumpang.
Hal ini akan begitu terasa saat perjalanan jauh. Karena mesin berada di bagian depan, kita tak akan merasakan panas yang keluar dari mesin mobil. Pengalaman berkendara pun akan lebih nyaman dan menyenangkan.
Bagian depan Toyota Rangga yang dibuat seperti moncong ini juga memberikan keamanan lebih ketika terjadi tabrakan.
Baca Juga: Spesifikasi Toyota Hilux Rangga, Mobil Tangguh Serba Bisa!
Pada saat pengetesan oleh tim Setir Kanan, suspensi dari Toyota Rangga ini juga terasa nyaman ketika melalui posisi tidur dengan bobot sekitar 1,1 sampai 1,2 Ton.
Suspensi yang enak ini berasal dari suspensi liftspring yang disematkan Toyota untuk bagian belakang mobil.
Umumnya, kompartemen di mobil-mobil pickup cenderung terbatas. Biasanya, kita hanya bisa menemukan satu laci penyimpanan saja. Namun, kita bisa menemukan hal yang berbeda di unit Toyota Rangga ini.
Selain laci di bagian atas, ada tambahan satu lagi di bagian dalam. Sobat Setir juga bisa menemukan banyak cup holder yang disediakan untuk pengemudi dan penumpang.
Untuk unit ini, Toyota menyediakan dua opsi mesin yakni 1TR alias mesin bensin dengan kubikasi 2000 CC dan mesin diesel 2GD. Mesin diesel ini adalah mesin yang sama digunakan di unit-unit mobil konvensional seperti Innova Reborn, Fortuner, dan juga Hilux 4X4.
Meski begitu, masih akan ada tuning tersendiri yang akan disesuaikan untuk pasar Indonesia.
Dengan mesin 2GD ini, Toyota Rangga masih bisa memberikan performa yang kencang dengan bobot sekitar 1,2 Ton. Performanya serupa dengan mobil-mobil premium yang menggunakan mesin 2GD.
Kabarnya, Toyota akan menambahkan transmisi otomatis untuk pasar Indonesia nanti. Tentu hal ini terdengar sangat menarik karena menjadi salah satu inovasi terdepan di kelasnya.
Meski berbentuk mobil pickup, Toyota Hilux Rangga sebenarnya tak hanya cocok untuk digunakan sebagai unit niaga, namun juga unit harian.
Baca Juga: Daftar Mobil Toyota Terbaru 2024, Lengkap Beserta Harganya!
Dengan performa serta kenyamanan yang diberikan kira-kira berapa harga dari Toyota Rangga ini? Sampai sekarang masih belum ada informasi resmi perihal harga. Kita tunggu saja, semoga mobil ini segera diluncurkan di Indonesia dengan spesifikasi dan konfigurasi yang lebih baik.
Nah selagi menunggu peluncuran resminya, Sobat Setir juga bisa mempertimbangkan unit mobil-mobil niaga lain yang tersedia di Setir Kanan.
Setir Kanan menyediakan banyak opsi mobil bekas untuk Sobat Setir. Setir Kanan merupakan platform jual beli mobil bekas harga cerdas yang menyediakan layanan pembelian mobil bekas dengan sistem kredit. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah pembelian mobil dengan DP 0% untuk unit bertanda khusus dengan cicilan mulai dari Rp 70 ribuan per hari!
Langsung dapatkan mobil dengan 2x angsuran saja kamu sudah bisa membawa pulang mobil impianmu. Tunggu apa lagi? Dapatkan mobil impianmu sekarang!
Mobil bekas harga cerdas? Hanya di Setir Kanan!
Selasa, 30 Juli 2024
Senin, 29 Juli 2024
Senin, 29 Juli 2024
Senin, 29 Juli 2024
Minggu, 28 Juli 2024
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024