Selasa, 16 April 2024
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Sumber: toyota.astra.co.id
Toyota Kijang Innova merupakan salah satu MPV yang popular di Tanah Air. Toyota Innova telah lama menjadi salah satu pilihan utama di pasar mobil keluarga Indonesia. Mobil yang terkenal karena keandalan dan performa mesin dieselnya yang tangguh ini mampu memberikan tenaga dan torsi yang cukup untuk mengatasi berbagai situasi berkendara, termasuk saat membawa muatan penuh atau menarik beban.
Selain itu, efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi dari mesin diesel memungkinkan pengemudi untuk menikmati jarak tempuh yang lebih jauh dengan jumlah bahan bakar yang sama.
Mesin diesel Innova juga dikenal memiliki daya tahan yang baik terhadap kondisi operasional yang berat, seperti suhu ekstrem dan lingkungan jalan yang tidak rata. Dengan pemeliharaan yang tepat, mesin diesel Innova dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama tanpa mengalami penurunan kinerja yang signifikan.
Dalam hal transmisi, Innova tersedia dalam dua varian utama: manual dan otomatis (matik). Salah satu perbedaan signifikan antara keduanya adalah dalam hal torsi yang dihasilkan oleh mesin.
Pada awal 2023, Toyota meluncurkan opsi baru bagi para penggemar Kijang Innova diesel dengan memperkenalkan varian bertransmisi matik dengan mesin baru. Keputusan ini merupakan respons langsung terhadap permintaan konsumen yang semakin meningkat akan kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara.
Dengan penambahan opsi transmisi otomatis, Toyota memberikan fleksibilitas lebih kepada konsumen yang menginginkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan praktis, terutama dalam menghadapi kemacetan perkotaan.
Varian Innova diesel yang sudah dikenal tangguh dan efisien dipadukan dengan transmisi otomatis, memberikan kombinasi yang menarik bagi pengguna yang mengutamakan performa dan efisiensi bahan bakar.
Langkah ini juga menunjukkan komitmen Toyota untuk terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar Indonesia. Dengan memperluas pilihan varian, Toyota Kijang Innova semakin kokoh sebagai salah satu pilihan utama dalam segmen MPV di Indonesia, menjaga posisinya sebagai favorit di hati konsumen.
Soal mesin, Toyota Innova diesel kini memiliki dua jenis mesin, generasi pertama menggunakan mesin berkode 2KDFTV, dan generasi terbaru menggunakan mesin dengan kode 2GD-FTV. Lantas, bagaimana torsi Innova diesel untuk masing-masing transmisi? Berikut ulasannya!
Baca juga: Ball Joint Mobil: Fungsi, Penyebab Kerusakan & Harganya di OLX!
Mesin Innova diesel generasi pertama dengan kode 2KD-FTV memiliki kapasitas 2.494 cc dengan 4 silinder. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 105 HP pada putaran 3.600 rpm dan torsi sebesar 260 Nm pada rentang 1.600 – 2.400 rpm.
Di sisi lain, Innova diesel generasi selanjutnya dengan kode 2GD-FTV menawarkan peningkatan performa yang signifikan. Dengan tenaga mencapai 149 HP pada putaran 3.400 rpm dan torsi sebesar 367 Nm pada rentang 1.200 hingga 2.600 rpm.
Angka ini menunjukkan bahwa mesin mampu memberikan tenaga yang kuat untuk mendukung performa kendaraan, terutama dalam situasi seperti menanjak atau mengangkut beban berat.
Di sisi lain, varian Innova dengan transmisi manual juga menawarkan kinerja yang tak kalah hebatnya. Namun, berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan, torsi mesinnya sedikit lebih rendah dibandingkan dengan versi matic, yakni hanya sebesar 200 Nm pada rentang 1.400 – 3.200 rpm untuk mesin generasi pertama.
Untuk generasi terbaru torsi maksimumnya ada di angka 349 Nm pada putaran 1.200 – 2.800 rpm. Meskipun demikian, torsi ini masih cukup kuat untuk memberikan akselerasi yang memadai dan mengatasi berbagai tantangan di jalan.
Perbedaan torsi antara varian Innova diesel matic dan manual memang cukup signifikan, mencapai selisih sebesar 60 Nm untuk mesin generasi pertama dan 18 Nm untuk mesin generasi terbaru.
Hal ini menunjukkan bahwa mesin yang dipasang pada varian matic dapat menghasilkan tenaga besar dan lebih banyak torsi, yang dapat diartikan sebagai kemampuan mesin untuk memberikan daya dorong yang lebih besar ke roda menjadi lebih efisien.
Mobil menjadi tidak terasa lambat sama sekali saat berakselerasi maupun saat dibawa jalan menanjak. Ini bisa menjadi faktor penting bagi konsumen yang mengutamakan performa dan kelincahan dalam penggunaan sehari-hari atau untuk dibawa berkendara jauh dengan keluarga besar.
Perbandingan torsi antara Toyota Innova diesel matic dan manual menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam kapasitas mesin untuk menghasilkan tenaga. Meskipun varian matic menawarkan torsi yang lebih tinggi, namun varian manual masih menjadi pilihan yang valid untuk konsumen yang mengutamakan kontrol langsung dan nilai ekonomis.
Ketika memilih antara varian Innova diesel matic dan manual, konsumen harus mempertimbangkan preferensi pribadi masing-masing serta kebutuhan penggunaan sehari-hari.
Jika kekuatan torsi dan kenyamanan dalam mengemudi adalah faktor penting, maka varian matik mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih sesuai. Namun, bagi kamu yang lebih memperhatikan kontrol dan interaksi langsung dengan kendaraan, varian manual masih menawarkan performa yang baik dengan nilai yang lebih terjangkau.
Sumber: toyota.astra.co.id
Mengapa penting membandingkan torsi Innova Diesel sebelum memutuskan membelinya? Nah, jangan salah Sobat Setir, membandingkan torsi ternyata ada manfaatnya untuk kamu yang sedang memilih mobil. Kira-kira apa saja? Cek selengkapnya di bawah ini!
Membandingkan torsi maksimum antara Toyota Innova diesel transmisi otomatis dan manual adalah langkah penting dalam memahami karakteristik dan kinerja kedua varian tersebut. Torsi merupakan ukuran kekuatan yang dihasilkan oleh mesin, yang mempengaruhi performa kendaraan dalam berbagai situasi.
Dalam hal ini, membandingkan torsi maksimum antara kedua varian akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang seberapa baik kendaraan mampu melakukan akselerasi, terutama saat membawa beban berat atau melalui medan yang menantang.
Selain itu, perbandingan torsi juga dapat memberikan wawasan tentang efisiensi bahan bakar kendaraan. Meskipun torsi sendiri tidak secara langsung berkaitan dengan konsumsi bahan bakar, namun tingkat torsi yang lebih tinggi pada kecepatan rendah dapat menandakan bahwa mesin dapat bekerja dengan lebih efisien dalam situasi tertentu.
Hal ini dapat memberikan keuntungan dalam hal konsumsi bahan bakar, terutama saat mengemudi dalam kondisi lalu lintas perkotaan atau dalam perjalanan jarak pendek.
Selain mempengaruhi performa dan efisiensi bahan bakar, perbandingan torsi maksimum antara Innova diesel transmisi matic dan manual juga relevan untuk kenyamanan berkendara. Transmisi matic dan manual memberikan pengalaman berkendara yang berbeda, dan perbedaan dalam torsi maksimum dapat mempengaruhi daya tarik kendaraan pada kecepatan rendah atau saat menarik beban berat.
Ini dapat berdampak pada kenyamanan berkendara sehari-hari, terutama untuk pengguna yang sering melakukan perjalanan dengan beban atau melewati medan yang menantang.
Terakhir, perbandingan torsi maksimum juga relevan untuk kemampuan menarik beban kendaraan. Jika kamu merencanakan penggunaan kendaraan untuk menarik beban berat, memilih varian dengan torsi maksimum yang sesuai dapat menjadi faktor penentu dalam keputusan pembelian.
Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, membandingkan torsi maksimum antara Toyota Innova diesel dengan transmisi matic dan manual dapat membantu konsumen membuat keputusan yang lebih terinformasi tentang varian yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.
Baca juga: Rekomendasi 4 Innova Venturer Bekas, MPV Premium yang Gagah!
Dengan demikian, membandingkan torsi maksimum antara Toyota Innova diesel transmisi matic dan manual bukan hanya tentang memahami angka, tetapi juga tentang memahami bagaimana karakteristik penggerak kendaraan tersebut dapat mempengaruhi pengalaman berkendara secara keseluruhan.
Untuk lebih memahami Toyota Innova Diesel, kamu bisa menonton video ulasan lengkapnya di channel YouTube Setir Kanan berikut ini. Di video ini, kamu akan menemukan ulasan menyeluruh tentang Toyota Innova.
Jika tertarik untuk membeli Toyota Innova diesel bekas dengan harga bersahabat, kamu bisa mencarinya di Setir Kanan. Setir Kanan merupakan platform jual beli mobil bekas harga cerdas yang menawarkan banyak pilihan mobil bekas sesuai kebutuhan kamu.
Soal biaya, kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang ada karena kredit mobil bekas di Setir Kanan sangat terjangkau. Dapatkan penawaran menarik DP 0% atau cukup bayar 2x angsuran pertama, kamu sudah bisa membawa pulang mobil impianmu, serta cicilan mulai dari Rp70 ribuan/hari saja!
Kunjungi Setir Kanan untuk tahu informasi mengenai berbagai mobil bekas tahun muda dengan angka kilometer rendah.
Jumat, 23 Agustus 2024
Rabu, 03 Januari 2024
Selasa, 11 Februari 2025
Selasa, 11 Februari 2025
Selasa, 11 Februari 2025
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024