Selasa, 20 Juni 2023
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Toyota Supra MK4 adalah mobil sport yang legendaris dan terkenal di dunia otomotif. Mobil sport ini dikembangkan untuk memberikan kesenangan dalam pengalaman berkendara serta menghadirkan kembali ciri motorsport pada brand Toyota.
Tak hanya mumpuni di lintasan pacu, mobil dengan tampilan coupe ini menjanjikan performa kelincahan dan kenyamanan saat berada di jalan raya. Di tengah pencapaiannya, ada hal buruk yang menghentikan langkah Toyota Supra, yakni tidak bisa bersaing dalam aspek harga untuk mencapai target emisi gas buang yang ditentukan oleh banyak negara. Alhasil, mobil legendaris ini sempat berhenti diproduksi pada 2002 sehingga banyak penggemarnya kecewa.
Sumber: Motor Trend
Toyota Supra generasi pertama hadir pada 1978 dengan nama Toyota Celica Supra atau Celica XX di Jepang. Toyota Celica Supra ini dibekali dengan mesin 6 silinder berkapasitas 2.800 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 116 dk dengan torsi 198 Nm.
Setelah itu, Toyota terus melakukan pengembangan Toyota Supra hingga generasi keempat. Pada 1993, Toyota Supra MK4 pertama kali diperkenalkan dengan kode A80. Mobil ini diproduksi antara tahun 1993 hingga 2002 dan menjadi salah satu mobil yang paling dicari dan diidamkan hingga saat ini. Apa yang membuat mobil ini begitu istimewa? Berikut adalah informasi seputar Toyota Supra MK4 yang perlu kamu ketahui.
Sebagai mobil ikonik yang legendaris, tentunya Toyota Supra MK4 memiliki banyak keunggulan. Terlebih, sebagai mobil sport, mobil ini memiliki spesifikasi yang di atas rata-rata.
Sebagai salah satu mobil yang legendaris, Toyota Supra sudah terkenal memiliki performa yang mumpuni di kelasnya. Sejak awal kemunculannya, Toyota Supra MK4 dibekali dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin non-turbo dan twin-turbo.
Mesin non-turbo berkode 2JZGE memiliki kapasitas 3.000 cc DOHC 24 Valve 6 silinder segaris. Mesin tersebut memiliki output 225 hp dengan torsi 290 Nm.
Sementara untuk mesin twin turbo memiliki kode 2JZGTE. Mesin berkapasitas 3.000 cc EFI DOHC 6 silinder 24 valve ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 280 hp dengan torsi 460 Nm. Mesin twin-turbo milik Supra menggunakan sistem sekuensial yang mampu mengurangi gejala turbo lag. Dengan mesin twin-turbo, Toyota Supra mampu melaju 0-100 km/jam dalam waktu 5,7 detik.
Dengan tenaga dan kapasitas mesin yang besar, tentu Toyota Supra MK4 memiliki konsumsi bahan bakar yang berlebih dibanding mobil-mobil pada umumnya. Toyota Supra MK4 ini dapat menempuh 7,6 KM/L di dalam kota, 11,1 KM/L di luar kota, dan 9 KM/L rute gabungan.
Toyota Supra MK4 memiliki desain yang sangat unik dan ikonik. Bahkan, Toyota Supra generasi ini dinilai memiliki desain yang paling sempurna karena hampir semua orang bisa menerima desainnya.
Desain yang ikonik dari Toyota Supra MK4 ada pada bagian lampu belakangnya yang terdiri dari 8 buah lampu (4 kanan dan 4 kiri). Lampu ini juga yang membuat mobil ini tampak garang, sporty, dan ikonik. Sementara di bagian depannya, setiap lampu depannya terdiri dari 3 bagian, sehingga kalau ditotal lampunya mencapai 6 bulatan.
Desain lampu ini tentu berbeda dengan generasi sebelumnya, yakni desain pop up. Nah, untuk generasi ini menggunakan lampu yang cukup besar. Di dalamnya pun terdapat tiga lampu yang memiliki peran berbeda, antara lain lampu senja, lampu utama, dan lampu sein.
Untuk foglamp sendiri berada di bawah lampu utama, tepatnya di bagian kisi-kisi udara samping. Tampilan depan mobil ini tampak sporty dan banyak digemari hingga saat ini.
Bergeser ke samping, mobil ini terdapat lekukan-lekukan halus dan kisi-kisi udara pada bagian samping belakang. Untuk bagian belakangnya, mobil ini dilengkapi rear spoiler yang tampil cantik dan menambah kesan aerodinamis.
Selain itu, Toyota Supra MK4 juga memiliki dua pilihan bodi, yakni coup dan targa. Untuk dimensinya, mobil ini memiliki panjang 4.514 mm, lebar 1.811 mm, tinggi 1.275 mm, dan wheelbase 2.550 mm.
Masuk ke bagian interiornya, Toyota Supra MK4 masih ketinggalan jika dibandingkan dengan mobil sport kekinian. Sesuai tahun pembuatannya, interior mobil ini masih sangat kental dengan era tahun 90-an.
Desain interior dari Toyota Supra MK4 ini sangat unik dan mirip dengan dengan pesawat pada posisi pengemudi. Hal ini tampak dari kisi-kisi AC yang dimiliki oleh Toyota Supra MK4 ini berbentuk baling-baling.
Sumber: carandbike
Di bagian dashboard, Toyota Supra MK4 didominasi oleh warna hitam dengan berbagai instrumen dan perangkat elektronik hiburan yang pada waktu itu sudah mumpuni. Namun, jika membandingkan perangkat hiburan pada mobil terkini tentu sudah ketinggalan.
Selain itu, instrument clusternya yang berbentuk bulat-bulat juga menambah kesan keren pada zamannya. Di dalam kabinnya, Toyota Supra MK4 juga sangat nyaman untuk digunakan oleh dua orang penumpang dengan ruangan yang masih lega. Untuk kursinya, Toyota Supra MK4 terdapat tiga opsi bahan yang digunakan, yakni Fabric, Recaro, dan Full Leather.
Seperti yang dijelaskan di atas, Toyota Supra MK4 adalah mobil sport dengan performa yang buas di kelasnya. Mobil ini dilengkapi dengan beberapa fitur untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Untuk penggemar mobil kencang, Toyota menghadirkan teknologi Acoustic Control Induction System (ACIS), yaitu teknologi yang mengatur arah aliran udara dalam pipa intake untuk meningkatkan tenaga dari mesin.
Selain itu, Toyota Supra MK4 dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang yang menggunakan wishbones, coils, anti-roll bars, steering rack, dan pinion untuk menjamin kenyamanan selama berkendara. Fitur-fitur modern pada saat itu seperti traction control dan sistem sekuensial juga diaplikasikan pada mobil ini untuk menghindari masalah mesin turbo dan mengurangi gejala turbo lag.
Meskipun pada sisi hiburan mungkin terkesan ketinggalan zaman, mobil ini masih memiliki perangkat audio player. Tak hanya itu, speaker juga telah disematkan pada bagian kanan kiri pintu untuk kenyamanan pendengarannya. Bagian keamanan pengereman juga tidak ketinggalan, mobil ini menggunakan ventilated discs pada bagian depan dan belakang.
Sumber: Motor1
Mengingat mobil ini sudah tidak diproduksi lagi sejak 2002, tentunya Toyota Supra MK4 sudah tidak ada unit barunya di pasaran. Jadi, bila berminat memiliki mobil sport legendaris ini tentu harus berburu di pasar mobil bekas.
Sebagai mobil sport yang dikagumi oleh para pecinta otomotif, harga Toyota Supra MK4 bekas dari mobil ini pun terus meningkat. Bahkan, harganya masih bisa bersaing dengan mobil Toyota Supra keluaran baru yang masih berada di dealer.
Untuk perbandingan, Toyota menjual generasi kelimanya dengan nama New GR Supra dengan harga Rp2.188.400.000. Nah, untuk harga Toyota Supra MK4 bekas berada di kisaran Rp1 hingga Rp3 miliar, tentunya tergantung pada kondisi mobil tersebut.
Demikian informasi seputar mobil sport legendaris buatan Toyota. Jika Toyota Supra MK4 ini dirasa masih belum sesuai dengan kebutuhan, Sobat Setir bisa mempertimbangkan mobil sport Toyota yang lainnya.
Nah, kalau ingin menghemat biaya yang dikeluarkan, mobil bekas bisa jadi alternatif pilihan. Sebagai informasi, di Setir Kanan tersedia banyak unit mobil bekas harga cerdas dengan kondisi siap jalan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi Setir Kanan sekarang juga!
Minggu, 24 November 2024
Jumat, 09 Februari 2024
Kamis, 11 Juli 2024
Kamis, 24 Oktober 2024
Jumat, 20 Oktober 2023
Kamis, 30 Mei 2024
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024