Selasa, 13 Juni 2023
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Sumber: MUF Online Autoshow
Selain dari sisi fungsionalitas, sepeda motor juga banyak disukai karena punya karakternya masing-masin. Terutama jika kamu mengendarai sepeda motor pabrikan eropa seperti Vespa. Ya, Vespa adalah pabrikan sepeda motor yang sudah jadi legenda karena punya produk yang disukai oleh banyak orang, Mulai dari Vespa LX, S, Primavera, dan tentu saja, Vespa Sprint! Vespa Sprint adalah salah satu produk Vespa yang populer, maka tidak heran jika harga vespa sprint bekas saja masih cukup tinggi, nih!
Nah, buat Sobat Setir yang tertarik untuk punya sepeda motor dari Italia ini, yuk mengenal lebih dekat Vespa Sprint!
Jauh sebelum mengenal bentuk Vespa Sprint yang sekarang, skuter ini punya bentuk yang cukup berbeda dan hanya tersedia dalam transmisi manual saja. Kalau ditarik lebih jauh lagi, Vespa sudah berdiri sejak lama. Dahulu, Vespa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kereta api, tepatnya memiliki usaha untuk memperbaiki gerbong kereta. Tidak lama kemudian, pada tahun 1915 perusahaan ini terjun ke dunia aviasi dan membuat pesawat terbang untuk ikut bertempur di perang dunia I.
Singkat cerita, mendekati akhir perang dunia II, tepatnya pada tahun 1944, perusahaan Piaggio dikontrol oleh Enrico Piaggio, anak dari Rinaldo Piaggio. Enrico pun memutar otak dan berhasil menciptakan skuter. Pada tahun 1946, Piaggio memperkenalkan Vespa kepada publik dan tidak butuh waktu lama untuk menjadi favorit masyarakat.
Singkat cerita, penjualan Vespa terus meningkat dan menjadi ikon populer di banyak negara. Melanjutkan tren positif tersebut, pada tahun 1965 Piaggio memperkenalkan Vespa Sprint, sebuah skuter dengan mesin 150cc 2 stroke yang bertenaga dan seru untuk dikendarai. Bentuk bodi yang slim membuat motor ini jadi semakin seru untuk dibawa dan punya tampilan yang sporty. Belum lagi, bentuk lampu kotak dan bulat pada Sprint Veloce membuatnya jadi makin populer dan mudah untuk diketahui.
Rekomendasi Artikel : Daftar Harga Motor Vespa Matic Terbaru 2023 yang Kekinian
Masih menyandang sebagai salah satu produk Piaggio yang populer, Vespa Sprint pun masih ada hingga sekarang, tentunya dengan sentuhan yang lebih modern, dong! Lalu, apa sih bedanya antara Vespa Sprint lawas dan Vespa Sprint terbaru ini?
Perbedaan utama terletak di transmisinya. Vespa jadul masih menggunakan kopling, dan hal tersebut sangat wajar mengingat hampir seluruh sepeda motor di masanya mengandalkan kopling untuk drivetrain. Sementara itu, Vespa Sprint terbaru ini sudah menggunakan transmisi matic, mengikuti Vespa ET2 atau ET4 yang mulai diproduksi di tahun 1996 dan sepenuhnya menggunakan transmisi otomatis.
Vespa Sprint lawas punya bentuk yang mirip dengan pendahulunya, seperti Vespa 90 Super Sprint ataupun Vespa 50.
Bentuknya ‘menggembung’ khas seperti ET2 atau ET4. Namun, Piaggio tetap memberikan sentuhan khas Sprint pada varian terbarunya, yaitu bentuk batok lampu yang kotak, mengikuti pendahulunya.
Sama seperti sistem kopling, Vespa lawas masih menggunakan karburator untuk mengatur jumlah bahan bakar dan udara yang masuk dalam silinder mesin. Apakah konsumsi bensin nya boros? Tidak juga, namun dibandingkan dengan Vespa matic, maka sudah pasti lebih irit Vespa modern. Karena model ini menggunakan injeksi untuk mengatur penggunaan bahan bakar.
Speedometer digital, electric starter, hingga sistem pengereman yang lebih aman tentu tidak ditemukan pada Vespa lawas. Hal tersebut adalah fitur yang akan didapatkan saat membeli Vespa Sprint terbaru.
Kedua motor ini punya spesifikasi yang sama. Berikut ini spesifikasi singkat Vespa Sprint dan Vespa Sprint S:
Mesin: Berkapasitas 154,8 cc dengan teknologi i-get 4 langkah, silinder tunggal dengan 3 katup yang sudah dilengkapi dengan injeksi elektronik. Tenaga maksimal mesin mencapai 8,7 kW pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 12 Nm pada 5.000 rpm. Untuk mendinginkan kinerja mesin, Vespa menggunakan sistem pendingin kipas atau Forced Air Cooling System.
Transmisi: Baik Vespa Sprint dan Vespa Sprint S sudah menggunakan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission) otomatis
Pengereman: Rem depan sudah dilengkapi ABS pada rem cakram 220 mm dan rem belakang menggunakan Tromol 140 mm
Dimensi: Motor ini punya panjang mencapai 1.863 mm dan dengan lebar 695 mm, dan jarak sumbu roda 1.334 mm serta ketinggian jok mencapai 790 mm.
Ukuran dan Jenis Ban: Motor ini menggunakan ban Tubeless dengan dimensi 110/70 ring 12.
Kapasitas Tangki: Vespa Sprint dan Sprint S mampu menampung 7 (± 0,5) liter bahan bakar.
Dengan spesifikasi serta sama-sama menggendong nama Sprint, lalu apa saja perbedaannya? Perbedaannya terletak di bagian kosmetik atau tampilannya saja dan berpengaruh pada perbedaan harga, Sobat Setir.
Vespa Sprint S diberikan sentuhan yang lebih sporty, seperti aksen merah di bagian cover steering rack, lubang klakson, serta ada stripping alias garis dengan motif garis di bagian samping motor. Hal tersebut tidak akan ditemukan di Vespa Sprint standar.
Selain itu, logo ‘S’ juga terpasang gagah di bagian penyimpanan depan dan juga pelek. Belum lagi penggunaan material jok yang lebih mewah di Sprint S bikin motor ini jadi lebih eksklusif.
Selain warna merah, warna hitam juga ditambahkan pada sisi eksterior motor ini, mulai dari spion, frame headlamp, serta velg yang sepenuhnya berwarna hitam, berbeda dengan Vespa Sprint yang menggunakan chrome di spion, frame headlamp, dan juga di bagian velg. Warna hitam juga disematkan pada garis chrome yang ada di bagian edge shield yang berbalut chrome di Vespa Sprint standar.
Jok Vespa Sprint S menggunakan jok berjenis black saddle with black stitching, sementara Vespa Sprint standar menggunakan jok black saddle with white detail di pinggirnya.
Perbedaan yang terakhir adalah harga kedua motor ini. Vespa Sprint standar dijual dengan harga Rp 53,9 juta, sedangkan untuk Vespa Sprint S dijual dengan harga Rp 56,4 juta.
Walaupun Vespa seru dan menyenangkan dikendarai, namun jika Sobat Setir ingin pergi bersama keluarga atau untuk perjalanan jauh, tentunya mobil memang lebih nyaman. Nah, buat yang lagi cari mobil bekas, jangan ragu untuk cari di Setir Kanan! Ada banyak pilihan mobil bekas berbagai tipe yang bisa dipilih. Selain itu, tersedia juga opsi beli mobil bekas kredit DP 0% dengan angsuran mulai Rp 70 ribuan saja, lho! Yuk, tunggu apa lagi? nikmati kemudahan membeli mobil favorit kamu hanya di setir kanan!
Rabu, 08 Mei 2024
Jumat, 02 Juni 2023
Rabu, 28 Februari 2024
Jumat, 12 Mei 2023
Jumat, 30 Juni 2023
Senin, 08 Mei 2023
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024