Rabu, 20 September 2023
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Sistem suspensi mobil adalah salah satu aspek yang sangat vital dalam dunia otomotif yang seringkali terabaikan padahal memiliki dampak yang besar pada pengalaman berkendara kita setiap hari.
Sistem ini bukan hanya berfungsi untuk membuat perjalanan lebih nyaman, tetapi juga untuk memastikan kendaraan tetap dalam kontrol dan aman di atas jalan. Sistem suspensi mobil juga memungkinkan kita untuk dapat menjelajahi berbagai jenis medan jalan dengan nyaman dan percaya diri.
Untuk memahami betapa pentingnya peran sistem suspensi mobil ini dalam mobilitas kita sehari-hari, mari kita telusuri lebih jauh bagaimana fungsi dan apa saja komponen-komponen yang terdapat di dalamnya.
Sumber : freepik.com
Sistem suspensi mobil memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting. Mulai dari menyerap goncangan dari jalan, menjaga agar roda tetap dalam kontak dengan permukaan jalan, hingga meningkatkan traksi serta stabilitas kendaraan.
Sistem suspensi mobil juga berkontribusi pada penanganan yang baik saat berbelok dan membantu mengurangi getaran yang dirasakan oleh pengemudi dan penumpang. Tak hanya itu, sistem suspensi mobil juga berperan dalam mencegah terjadinya kecelakaan dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman.
Oleh karena itu, pemeliharaan dan perawatan sistem suspensi mobil yang baik merupakan bagian penting dari perawatan kendaraan dan harus dilakukan secara rutin.
Sumber : freepik.com
Sistem suspensi mobil terdiri dari berbagai komponen yang bekerja bersama-sama untuk mengendalikan pergerakan roda dan memberikan kenyamanan serta stabilitas selama berkendara. Berikut adalah beberapa komponen utama dalam sistem suspensi mobil:
Per adalah salah satu komponen utama dalam sistem suspensi mobil. Per berbentuk pegas yang terletak di atas atau di bawah roda dan berfungsi untuk menyerap goncangan di jalan serta mendistribusikan beban kendaraan ke roda.
Ada dua jenis per utama, yaitu per daun (leaf spring) dan per spiral (coil spring). Pegas merupakan komponen yang terbuat dari baja elastis yang kuat, daya elastisitas pada pegas ini yang nantinya akan dimanfaatkan untuk menyerap semua getaran pada permukaan jalan.
Shock absorber bekerja bersama per untuk mengendalikan pergerakan roda dan mengurangi getaran. Shock absorber berfungsi untuk menghentikan pergerakan per atas dan bawah secara cepat, sehingga roda bisa tetap kontak dengan jalan.
Roda dan ban merupakan bagian penting dari sistem suspensi karena roda adalah titik kontak utama dengan jalan. Ban yang baik dan seimbang dapat membantu meningkatkan traksi dan kenyamanan ketika berkendara.
Bantalan roda memungkinkan roda dapat berputar secara lembut. Komponen ini harus berfungsi dengan baik untuk menghindari gesekan yang berlebihan dan kerusakan.
Control Arm atau lengan suspense adalah komponen yang menghubungkan roda dengan kerangka kendaraan yang memungkinkan roda dapat bergerak naik-turun dan berputar, sehingga kendaraan dapat menyesuaikan diri dengan medan jalan.
Per bantalan adalah elemen karet yang digunakan untuk menghubungkan berbagai komponen suspensi, seperti Control Arm dengan kerangka kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi gesekan dan menyerap getaran.
Stabilizer bar adalah komponen dalam suspensi mobil yang terbuat dari batang besi yang terhubung di antara lower arm roda kanan serta kiri dan pada bagian tengahnya dihubungkan dengan mobil. Komponen ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan bodi mobil saat berbelok.
Strut Bar berfungsi buat menahan lower arm agar kemiringan roda depan dapat terjaga dengan baik.
Beberapa mobil modern sudah dilengkapi dengan komponen elektronik dalam sistem suspensinya, seperti sensor kecepatan roda, sistem kontrol traksi, dan suspensi adaptif yang memungkinkan penyesuaian karakteristik suspensi secara otomatis sesuai dengan kondisi jalan dan gaya mengemudi.
Sistem suspensi mobil tidak sama antara satu mobil dengan yang lainnya. Terlebih sekarang ini semakin banyak mobil yang ada dibarengi dengan semakin canggihnya teknologi, maka jenis-jenis sistem suspensi mobil pun semakin beragam. Berikut adalah beberapa jenis suspensi mobil yang ada:
Suspensi MacPherson Strut adalah tipe suspensi mobil yang umum digunakan pada suspensi depan mobil. Suspensi jenis ini terbilang sederhana dan lebih murah untuk diproduksi, tetapi mampu memberikan kenyamanan yang baik. Jenis suspensi ini biasa digunakan pada mobil-mobil mini-SUV, MPV, Sedan, dan Hatchback.
Berbeda dari jenis MacPherson Strut, konstruksi dari suspensi mobil yang satu ini lebih rumit sehingga ketika melakukan perbaikan harus dipegang oleh ahlinya. Jenis suspensi ini memiliki ciri khas yakni adanya lower arm dan upper arm yang berfungsi sebagai penopang sistem suspensi.
Suspensi Multi-Link adalah jenis suspensi yang menggunakan beberapa control arm untuk mengontrol pergerakan roda dengan lebih presisi. Jenis suspensi ini sering ditemukan pada mobil yang memiliki performa tinggi karena memberikan penanganan yang sangat baik.
Suspensi Axle Rigid adalah suspensi mobil yang selalu terletak di bagian belakang mobil. Ciri khas dari jenis suspensi ini adalah antara roda belakang kiri dan kanan selalu terhubung dengan axle atau poros yang dikenal dengan gardan mobil. Dalam penegembangannya, jenis suspense ini dibagi menjadi dua ada yang menggunakan Leaf Spring dan Coil Spring.
Jenis suspensi ini adalah salah satu tipe suspensi mobil semi-independen. Artinya suspensi ini merupakan hasil pengembangan dari suspensi rigid. Meski begitu, jenis suspensi ini benar-benar dibuat menggunakan desain yang berbeda dan mampu menawarkan sistem peredaman yang lebih baik dan lebih empuk.
Jenis suspensi mobil yang satu ini bekerja dengan mengandalkan sistem pneumatic, yaitu sistem yang bekerja dengan memanfaatkan gas atau udara yang dimasukkan dengan menggunakan kompresor. Kelebihannya adalah ketinggian yang dapat diatur dengan mudah dari dalam kabin, dan kekurangannya harga part pengganti yang mahal dan juga daya tahannya yang kurang bagus.
Sistem Air Suspension merupakan hasil pengembangan yang memiliki kinerja yang cukup baik. Jenis suspensi ini banyak ditemukan pada mobil-mobil mewah seperti Mercedes-Benz ataupun Range Rover.
Bahkan suspensi udara ini bisa diatur menggunakan komputer sehingga pengaturan dapat dibuat dengan pas dan tidak meleset pada beberapa mobil. Namun, dilihat dari konstruksinya, sistem ini lebih rumit dibandingkan dengan jenis suspensi lainnya dan dari sisi harganya pun terbilang cukup mahal.
Suspensi Independent adalah jenis suspensi mobil di mana setiap roda dapat bergerak secara independen dari roda lainnya. Hal ini akan meningkatkan penanganan, kenyamanan, dan traksi kendaraan. Suspensi independen sering digunakan dalam mobil penumpang dan mobil sport.
Kita sudah mengetahui komponen dan jenis sistem suspensi mobil yang ada. Lalu bagaimana dengan cara kerjanya? Prinsip kerja sistem suspensi mobil adalah dengan memberi sekat antara body dengan roda.
Di mana sekat tersebut harus memiliki daya elastisitas yang baik sehingga gerakan mendadak pada roda ini tidak akan mempengaruhi body kendaraan. Nah, sistem suspensi ini berperan sebagai sekat tersebut dan pegas menjadi komponen utama dalam sistem ini.
Dalam prosesnya, pegas tidak bekerja sendiri, tetapi dibantu oleh banyak komponen lainya yang mendukung kinerja pegas tersebut. Ketika kendaraan melewati jalan yang tidak rata, per (pegas) menyerap guncangan dan getaran.
Sedangkan peredam kejut (shock absorber) mengontrol pergerakan per untuk menjaga kendaraan agar tetap stabil dengan dibantu oleh komponen pendukung lainnya. Sistem ini juga membantu kendaraan agar tetap sejajar dan roda tidak terlalu miring saat berbelok.
Beberapa mobil bahkan memiliki sistem suspensi yang bisa beradaptasi dengan kondisi jalan yang berbeda, sehingga memberikan kenyamanan dan penanganan yang optimal.
Sistem suspensi mobil yang baik akan memastikan roda tetap berada dalam kontak dengan permukaan jalan, sehingga dapat meningkatkan traksi dan kemampuan pengereman.
Selain itu, sistem suspensi mobil yang efisien dapat mengurangi getaran dan gangguan dari jalan yang buruk, membuat pengemudi lebih mudah untuk mengendalikan kendaraan.
Oleh karena itu, pemeliharaan dan perawatan sistem suspensi mobil adalah hal yang sangat penting untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.
Namun jika merasa suspensi mobilmu terus-menerus mengalami masalah, ada baiknya untuk segera mengganti mobil lamamu dengan mobil keluaran terbaru yang lebih muda. Kamu tidak perlu merogoh saku terlalu dalam, karena kamu bisa mendapatkan mobil keluaran terbaru ddengan membeli mobil bekas di Setir Kanan. Setir Kanan menyediakan berbagai macam pilihan mobil bekas keluaran terbaru yang menarik.
Dengan DP 0% atau 2 kali pembayaran angsuran di awal ditambah biaya admin (pada mobil bertanda khusus) dan angsuran yang sangat terjangkau, mulai dari 70 ribuan per hari, kamu sudah bisa membawa pulang mobil bekas impianmu.
Tunggu apalagi, Segera kunjungi Setir Kanan dan dapatkan mobil bekas impianmu!
Senin, 20 Mei 2024
Sabtu, 27 Juli 2024
Selasa, 12 Maret 2024
Jumat, 28 Juni 2024
Jumat, 02 Februari 2024
Jumat, 28 Juni 2024
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024