Selasa, 22 Juli 2025
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Sobat Setir pernah nggak ngerasa setir mobil kamu tiba-tiba goyang, atau ada bunyi gluduk-gluduk waktu lewat jalan rusak?
Bisa jadi itu bukan karena usia mobilnya, tapi karena kaki kaki mobilnya belum di servis. Yap, servis kaki kaki mobil jadi salah satu perawatan penting tapi sering terlupakan.
Kaki-kaki mobil adalah sistem penopang yang terdiri dari banyak komponen penting, mulai dari suspensi, tie rod, ball joint, sampai bushing arm.
Kalau salah satunya bermasalah, bukan cuma handling yang terganggu, tapi juga bisa berisiko bikin kendaraan lebih cepat rusak.
Nah, supaya nggak salah langkah, yuk bahas tuntas soal servis kaki-kaki mobil berikut ini.
Sumber: Pexels
Servis kaki kaki mobil itu nggak cuma soal ganti shockbreaker aja lho. Kaki-kaki mobil memiliki banyak komponen penting yang membuat mobil stabil saat dikendarai.
Lalu, service kaki mobil meliputi apa saja?
Menurut Auto2000, komponen kaki-kaki mobil yang diservis meliputi:
Fungsinya buat menyerap guncangan saat mobil lewat jalan nggak rata. Kalau udah lemah, mobil bakal terasa loncat-loncat.
Penghubung antara kemudi dan roda. Jika tie rod pada mobil aus maka kemudi menjadi tidak stabil.
Sendi penghubung antara lengan suspensi dengan steering knuckle. Ball joint memungkinkan roda-roda mobil bergerak bebas.
Bantalan adalah bantalan karet yang berfungsi untuk meredam getaran antara lengan suspensi dan rangka mobil.
Servis bushing arm untuk memastikan tidak ada aus atau karat yang menyebabkan suara berisik saat berkendara.
Stabilizer dan link membuat mobil tetap seimbang saat belok. Kalau rusak, bodi mobil bisa terasa limbung.
Komponen penyangga roda yang bantu redam getaran. Kalau aus, posisi roda bisa berubah dan bikin ban cepat habis.
Biar roda bisa berputar dengan mulus. Kalau sudah aus, bakal muncul getaran dan suara dengung saat jalan.
Penyelarasan roda atau wheel alignment penting agar mobil stabil bisa berjalan lurus kedepan tanpa menarik salah satu sisi.
Pengecekan kaki-kaki mobil juga dilakukan untuk bagian u-joint dan driveshaft yang berfungsi untuk penggerak dan transmisi. Bagian ini memastikan agar ada getaran dan sura berisik pada mobil.
Komponen kaki-kaki mobil penting saling bekerja sama untuk menyerap getaran, menjaga kestabilan saat menikung, dan memastikan ban tetap berjalan dengan baik.
Setiap komponen ini saling terhubung, jadi kalau satu bermasalah bisa nyeret yang lain. Makanya, servis rutin kaki-kaki mobil penting untuk menjaga performa mobil kamu, Sobat Setir!
Sumber: pexels
Setelah tahu komponen apa aja yang termasuk kaki-kaki mobil, lalu berapa bulan sekali harus servis kaki kaki mobil?
Mengutip dari Astra Daihatsu, servis kaki-kaki mobil dilakukan umumnya saat mobil mencapai jarak tempuh 10.000 kilometer atau setiap 6 bulan sekali.
Terlebih ketika mobil kamu sering melewati jalanan berlubang atau rusak. Setelah servis kaki-kaki mobil, perlu dilakukan spooring menyesuaikan roda yang sebelumnya bergeser.
Mungkin kamu bertanya-tanya, “Servis kaki-kaki lama nggak sih?” Tenang, Sobat Setir, proses pengecekan biasanya nggak memakan waktu terlalu lama, kok.
Tergantung dari kompleksitas masalah, waktu pengecekan berkisar antara 30 menit hingga 1 jam.
Kalau hanya pengecekan ringan dengan alat seperti shock tester atau alat ukur sudut roda (wheel alignment), waktunya relatif cepat.
Tapi kalau kamu sampai harus ganti komponen seperti ball joint atau bushing, ya tentu butuh waktu lebih.
Setelah kenapa kaki-kaki mobil penting untuk dirawat, Sobat Setir juga harus mengetahui.
Manfaat Kaki-kaki mobil yang di servis secara rutin akan berpengaruh langsung ke keselamatan dan performa mobil secara keseluruhan.
Yuk, intip apa aja manfaat kaki-kaki mobil yang di servis dengan baik.
- Kenyamanan berkendara meningkat: Pergerakan mobil jadi lebih stabil saat melaju di jalanan.
- Meningkatkan keselamatan: Sistem kemudi lebih responsif, mengurangi risiko kecelakaan.
- Menjaga keseimbangan mobil: Getaran mobil berkurang dan seimbang saat dikendarai.
- Mencegah kerusakan lebih besar: Komponen kaki-kaki yang aus bisa merambat ke sistem pengereman atau ban.
- Umur ban lebih panjang: Ban aus tidak merata biasanya akibat kaki-kaki bermasalah.
Dengan servis rutin, mobil kamu akan terasa seperti baru lagi. Nggak ada lagi suara aneh atau setir yang terasa berat.
Intinya, servis kaki-kaki itu investasi buat kenyamanan dan keselamatan kamu di jalan, Sobat Setir!
Karena servis kaki-kaki mobil penting dalam menjaga stabilitas dan kenyamanan saat berkendara, penting juga buat Sobat Setir tahu berapa kira-kira dana yang perlu disiapkan
Dikutip Daihatsu, berikut ini estimasi biaya servis kaki-kaki mobil:
*Harga dapat berubah tergantung dealer dan jenis komponen yang digunakan menyesuaikan dengan model mobil Sobat Setir.
Baca juga: Mengenal Piston Mobil: Fungsi, Ciri Kerusakan, dan Cara Merawatnya
Biar nggak bolak-balik servis dan dompet tetap aman, perawatan mandiri itu penting banget lho, Sobat Setir.
Nah, berikut beberapa tips perawatan kaki-kaki mobil yang bisa kamu terapkan sehari-hari:
- Hindari jalan rusak atau berlubang sebisa mungkin.
- Kurangi kecepatan saat melewati polisi tidur atau jalanan bergelombang.
- Cek tekanan angin ban secara rutin, karena ban yang kurang tekanan bisa mempengaruhi kaki-kaki.
- Hindari membawa muatan melebihi kapasitas angkut mobil.
- Lakukan spooring dan balancing secara berkala, minimal setiap 10.000 km.
- Perhatikan tanda-tanda keausan dini, seperti bunyi tidak wajar saat mobil berjalan.
Baca juga: Filter Udara Mobil: Fungsi, Cara Merawat & Kapan Harus Ganti?
Sobat Setir, servis kaki-kaki mobil itu penting untuk menjaga performa dan stabilitas mobil secara keseluruhan.
Jangan tunggu sampai mobil bergetar parah atau setir susah dikendalikan. Lakukan servis berkala sejak dini supaya mobil tetap nyaman dikendarai dan minim resiko di jalan.
Ngomong-ngomong soal kenyamanan berkendara, kalau kamu sedang mempertimbangkan untuk upgrade mobil atau cari mobil bekas harga cerdas, Setir Kanan bisa jadi pilihan tepat!
Setir Kanan punya banyak pilihan mobil, mulai dari SUV, MPV, hingga city car. Bahkan, tersedia unit mobil bekas seperti baru dengan tahun muda, kilometer rendah, dan kondisi hingga 90% seperti baru.
Soal cicilan? Tenang, ada cicilan ringan mulai dari Rp 2 jutaan per bulan, alias kurang dari Rp 100 ribu per hari saja. Plus DP 0%, cukup bayar 2x angsuran di awal untuk unit tertentu
Menarik banget kan? Yuk kunjungi website Setir Kanan sekarang dan temukan mobil impianmu!
Selasa, 22 Juli 2025
Rabu, 23 Juli 2025
Jumat, 11 Juli 2025
Rabu, 23 Juli 2025
Kamis, 10 Juli 2025
Rabu, 23 Juli 2025
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024