Senin, 17 Juli 2023
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Dijuluki dengan nama ‘Mobil Sejuta Umat’, tidak bisa dipungkiri jika Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan mobil kembar dengan penjualan yang laris manis di Indonesia. Julukan itu bukan tanpa alasan, lahir karena Avanza dan Xenia merupakan pilihan terbanyak oleh konsumen.
Menariknya, Avanza - Xenia bukanlah satu-satunya mobil kembar yang mengaspal di Indonesia. Setelah era Avanza - Xenia, mobil kembar keluaran Toyota dan Daihatsu kembali hadir, yaitu Rush - Terios. Kemudian di tahun 2013, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla menjadi deretan mobil kembar lainnya. Paling baru, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi lini mobil kembar yang hadir pada 2021 lalu.
Walau ada banyak produk kembar, Avanza dan Xenia yang menjadi pionir dan yang masih bertahan hingga saat ini.
Sumber: Ayo Bogor
Avanza dan Xenia generasi pertama diluncurkan pada tahun 2003. Namun, kedua mobil ini sejatinya lahir karena dampak dari krisis moneter di tahun 1998. Saat itu, harga barang melonjak drastis, termasuk harga kendaraan bermotor.
Toyota, yang saat itu sukses menjual Toyota Kijang, ikut terpukul dengan krismon. Harga Toyota Kijang melonjak drastis hingga menyentuh angka 100 juta lebih. Otomatis, penjualannya pun ikut melemah. Padahal, saat itu Toyota Kijang adalah salah satu tulang punggung penjualan Toyota Indonesia.
Melihat adanya celah kosong di bawah Kijang, Toyota Astra Motor (TAM) mengajukan ide untuk menjual mobil yang mirip dengan Kijang, namun dibanderol dengan harga yang terjangkau. Studi pun dimulai dari tahun 1999, dengan menggandeng Astra Daihatsu Motor sebagai manufaktur, yang saham mayoritasnya dimiliki oleh Toyota.
Selain alasan tersebut, Daihatsu ditunjuk karena memiliki kemampuan sebagai low cost operation manufacturer di Indonesia. Setali tiga uang, ternyata Astra Daihatsu Motor punya proyek mobil 7 seater bernama Batra (Basic Transporter). Proyek Batra pun mendapatkan beberapa sentuhan dari internal Daihatsu, dimulai dari tahun 1998 hingga tahun 2000.
Singkat cerita, Avanza dan Xenia pun diproduksi di pabrik Daihatsu. Walaupun dirakit oleh Daihatsu, ada beberapa perbedaan pada mobil kembar ini. Dari segi target market, misalnya. Toyota menyasar konsumen di kelas menengah - ke atas, sedangkan Daihatsu ditunjuk untuk menyasar konsumen kelas menengah - ke bawah.
Karena ada perbedaan segmen tersebut, kedua mobil ini punya spesifikasi yang cukup berbeda. Mulai dari kapasitas mesin, fitur, hingga aksesoris menjadi pembeda dari dua mobil kembar ini. Penjualan keduanya pun laris manis, bahkan berhasil mengalahkan penjualan Kijang hanya dalam waktu satu tahun setelah dirilis. Avanza-Xenia pun jadi bintang baru keluarga yang bertahan hingga saat ini.
Sumber : carscoops.com
Secara kasat mata, Avanza dan Xenia memang terlihat seperti tidak ada bedanya, terutama untuk model lawas. Walau begitu, si kembar ini tetap memiliki perbedaan. Berikut ini penjelasannya.
Perbedaan yang pertama adalah pilihan tipe dan kapasitas mesin, terutama untuk Avanza dan Xenia lansiran awal. Untuk generasi pertamanya, Toyota hanya menawarkan Avanza dalam dua tipe saja, yaitu tipe 1.3 E dan 1.3 G. Untuk Xenia, Daihatsu memberikan pilihan tipe 1.0 Mi, 1.0 Li, dan 1.3 Xi.
Sedangkan untuk Avanza dan Xenia generasi terbaru, Avanza tetap terbilang ‘hemat’ untuk pilihan tipenya, yang hanya terdiri dari tipe E dan G, serta versi Veloz. Sedangkan untuk Xenia terbaru, tipenya cukup banyak, mulai dari 1.3 R hingga 1.5 R dengan pilihan ASA dan SC.
Setiap mesin memiliki kapasitas yang berbeda, otomatis berpengaruh pada angka konsumsi BBM-nya. Untuk mesin 1.0, konsumsi BBM-nya berkisar antara 1:10 hingga 1:15 km/liter. Sedangkan untuk mesin 1.3, konsumsi BBM-nya mulai dari 1:10 hingga 1:14 km/liter, dan mesin 1.5 berkisar antara 1:10 hingga 1:17 km/liter. Namun, konsumsi BBM tersebut bergantung kepada cara berkendara, jarak berkendara, dan kondisi kemacetan.
Untuk bagian eksterior, lebih mudah untuk dibedakan pada Avanza-Xenia facelift lansiran 2012. Terdapat perbedaan di bagian bumper depan dan velg. Apalagi jika dibandingkan dengan Avanza Veloz yang menggunakan velg dan desain bumper yang lebih sporty.
Sedangkan untuk tipe di tahun sebelumnya, bisa dibedakan dari bagian grill serta velg yang punya desain berbeda. Nah, untuk Avanza dan Xenia terbaru lebih mudah untuk dibedakan.
Avanza generasi terbaru punya desain yang terlihat elegan dan mewah, dengan penggunaan radiator grill berukuran besar dengan desain bilah berlapis chrome. Sedangkan untuk Xenia justru tampil lebih sporty, dengan penggunaan grille berbentuk hexagonal dan sentuhan aksen merah di beberapa titik untuk tipe tertingginya.
Fitur juga jadi salah satu perbedaan antara Avanza dan Xenia. Contohnya, pada Avanza-Xenia generasi terbaru, terdapat fitur Camera 360 pada Xenia. Sedangkan untuk Avanza, fitur tersebut hanya tersedia di tipe Veloz saja.
Perbedaan beberapa detail di interior juga ada. Contoh, tombol start stop engine di Daihatsu Xenia diberi kelir merah, sedangkan tombol mesin di Toyota berwarna hitam yang lebih elegan.
Perbedaan terakhir adalah harganya. Sejak awal diluncurkan, Toyota Avanza selalu memiliki harga baru yang lebih tinggi dari Xenia. Contohnya untuk generasi terbaru ini, Toyota Avanza tipe tertinggi, yaitu Avanza 1.5 G CVT TSS dijual dengan harga Rp 272.500.000. Sedangkan untuk Xenia tipe tertinggi, yaitu Xenia 1.5 CVT ASA dibanderol dengan harga Rp 277.650.000.
Sedangkan untuk harga bekas, Daihatsu Xenia bermesin 1.0 dijual mulai dari Rp 65 juta hingga Rp 115 juta, tergantung kondisi dan tahun. Lalu untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia mesin 1.3, dijual mulai dari harga Rp 100 juta hingga Rp 199 juta, dan Toyota Avanza-Daihatsu Xenia bermesin 1.5 dijual dengan harga Rp 129 juta hingga Rp 238 juta.
Rekomendasi Artikel : Harga Mobil Xenia Bekas 50 Juta, Cocok untuk Keluarga!
Hingga saat ini, Avanza dan Xenia masih banyak diminati, termasuk unit bekasnya. Jika Sobat Setir sedang mencari Avanza dan Xenia bekas, bisa cek ke Setir Kanan! Ada banyak pilihan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Bekas.
Selain punya banyak pilihan, nikmati juga penawaran kredit mobil bekas DP 0% dan cicilannya mulai dari Rp 70 ribuan saja. Yuk, beli mobil bekas sekarang di Setir Kanan!
Rabu, 17 Mei 2023
Selasa, 25 Juni 2024
Jumat, 21 Juni 2024
Jumat, 09 Februari 2024
Senin, 27 Februari 2023
Jumat, 09 Februari 2024
Jumat, 14 Juni 2024
Jumat, 20 Oktober 2023
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024