Jumat, 14 Juni 2024
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Sumber: Freepik
Saat membicarakan komponen-komponen pada struktur mesin mobil, tak dapat lepas dari peran gasket. Komponen ini berfungsi sebagai penyekat dalam blok mesin yang dirakit dan memiliki peran penting dalam menjaga integritas mesin.
Penggunaan gasket bertujuan untuk mencegah kebocoran pada sistem air pendingin, kompresi, gas pembakaran, dan oli. Jika terjadi kebocoran, akan mengakibatkan masalah beragam pada mesin karena gas dan cairan dapat bocor ke dalam area yang tidak diinginkan. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang gasket mulai dari definisi, fungsi krusialnya, hingga berbagai jenisnya.
Sumber: Freepik
Meskipun mungkin banyak orang kurang familiar dengan istilah "gasket" pada awalnya, tetapi ketika kamu melihatnya atau diberitahu, kamu pasti mengenali komponen tersebut. Gasket biasanya berbentuk lempengan dan digunakan untuk menyambung tutup atau kepala silinder dengan tabung silinder dalam mobil.
Fungsi utama gasket yang sering banyak dibahas adalah digunakan untuk mencegah kebocoran cairan dari silinder. Umumnya, komponen ini digunakan pada flange untuk menghubungkan berbagai pipa atau sambungan lainnya.
Baca Juga: Gurah Mesin Mobil vs Turun Mesin: Mana yang Lebih Hemat Biaya?
Ada tiga fungsi utama dari gasket untuk kendaraan bermotor terutama pada mobil. Berikut ini beberapa fungsi utama dari gasket:
Salah satu fungsi utama gasket mobil adalah sebagai penyekat antara blok silinder dan kepala silinder. Tujuannya adalah untuk mencegah kebocoran oli, sehingga oli tidak akan bercampur dengan cairan pendingin dalam saluran radiator atau sebaliknya. Keberadaan gasket mobil juga dapat mencegah rembesan oli ke dalam ruang bakar.
Selain itu, gasket mobil juga bertugas menjaga kerapatan dan mencegah kebocoran selama proses kompresi berlangsung. Dengan adanya gasket mobil, ruang bakar dapat tertutup dengan rapat, memungkinkan terjadinya kompresi optimal di dalam ruang bakar.
Dalam dunia otomotif, kebocoran cairan, seperti kebocoran oli, dapat memiliki konsekuensi serius karena banyaknya komponen mobil yang saling berdekatan. Kebocoran tersebut berpotensi merusak komponen lain yang berada di sekitarnya.
Selain untuk mencegah kebocoran cairan, gasket juga memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan kompresi dalam blok silinder. Perubahan kompresi dalam silinder juga dapat mengurangi performa mesin dalam memberikan tarikan yang optimal. Kurangnya tarikan ini juga dapat menyebabkan penggunaan bahan bakar yang lebih boros. Selain itu gasket juga menahan tekanan, agar tidak menyebar dari cylinder head ke bagian celah blok.
Gasket juga berfungsi sebagai penghubung antara blok mesin dan kepala silinder. Adanya gasket juga memastikan tidak ada celah di antara keduanya dan juga dapat berperan sebagai penghantar panas.
Sumber: Freepik
Setelah mengetahui fungsi-fungsi dari gasket selanjutnya kita akan mengulas apa saja jenis-jenis gasket yang digunakan di berbagai pabrikan mobil:
Gasket dengan jenis metal spring-energizing ring ini memiliki desain yang ideal untuk menangani media dengan dimensi yang lebih besar. Gasket ini dilengkapi dengan cincin logam yang diberi energi pegas, memberikan kekuatan tambahan untuk menjaga kekekalan penyegelan. Ini sangat berguna dalam aplikasi di mana variasi suhu dan tekanan dapat mempengaruhi keefektifan seal.
Gasket flat atau gasket datar adalah jenis gasket yang dirancang untuk digunakan pada permukaan yang datar. Gasket ini biasanya terbuat dari bahan seperti karet, asbes, atau bahan non-logam lainnya. Gasket flat umumnya digunakan dalam aplikasi industri ringan hingga menengah di mana permukaan flange cukup datar dan tekanan kerja tidak terlalu tinggi.
Gasket metal C-ring dirancang untuk penggunaan pada tekanan rendah dan cocok untuk media dengan dimensi kecil. Gasket ini biasanya terbuat dari bahan logam yang fleksibel, memungkinkan kompresi yang baik untuk menciptakan seal yang efektif. C-ring gasket sering digunakan dalam aplikasi vakum dan lingkungan gas di mana kebocoran minimal sangat penting.
Gasket jenis metal U-ring dirancang khusus untuk menangani tekanan tinggi, seringkali sekitar 12 ribu Psi. Gasket ini memiliki bentuk U yang membantu mendistribusikan tekanan secara merata di seluruh permukaan kontak, memastikan penyegelan yang kuat dan mencegah kebocoran pada kondisi tekanan ekstrem.
Gasket metal O-ring adalah jenis gasket yang mampu menangani tekanan dan suhu tinggi. O-ring ini biasanya terbuat dari bahan logam atau elastomer khusus yang dapat menahan kondisi ekstrem. Mereka digunakan dalam berbagai aplikasi industri, termasuk di mesin-mesin berat dan peralatan yang bekerja pada suhu dan tekanan tinggi.
Gasket spiral wound adalah jenis gasket yang dirancang untuk penggunaan sekali pakai, biasanya dalam situasi dengan suhu atau tekanan tinggi. Gasket ini terbuat dari lapisan logam dan bahan pengisi yang dililitkan secara spiral, memberikan fleksibilitas dan kekuatan yang dibutuhkan untuk penyegelan yang efektif. Spiral wound gasket sering digunakan dalam aplikasi pipa, boiler, dan bejana tekan di industri minyak dan gas, petrokimia, dan pembangkit listrik.
Baca Juga: Penyebab, Biaya, dan Tanda-tanda Harus Turun Mesin Mobil
Selain jenis-jenis gasket berdasarkan fungsinya. Ternyata gasket terbuat dari berbagai jenis bahan berikut ini jenis-jenis:
Gasket jenis ini tergolong murah dan dapat ditingkatkan kualitasnya dengan penggunaan bahan tambahan seperti lilin. Biasanya digunakan di industri otomotif untuk mencegah kebocoran oli, air, dan minyak pada permukaan yang halus dan rata, dengan toleransi suhu hingga 120°C dan tekanan hingga 120 PSI.
Gasket ini merupakan jenis gasket kertas yang diperlapis dengan pernis, gasket ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan gasket kertas biasa dalam hal kekuatan dan ketahanan dari keausan. Permukaan yang diperlapis pernis harus tetap utuh untuk memastikan kinerja yang optimal.
Bahan ini cocok untuk aplikasi dengan beban rendah dan permukaan yang tidak rata. Meskipun tahan terhadap cairan pelarut dan minyak, gasket gabus rentan terhadap air. Tersedia dalam berbagai ketebalan dan cocok untuk suhu hingga 50°C dan tekanan hingga 50 psi.
Dengan pencampuran bahan elastis seperti nitril atau neoprene, gasket gabus dapat meningkatkan fleksibilitas dan kekuatannya. Meskipun lebih tahan lama, gasket ini tidak cocok untuk lingkungan dengan tingkat keasaman yang tinggi. Gasket ini dapat digunakan dalam rentang suhu -30°C hingga 150°C dan tekanan hingga 50 psi.
Gasket dengan bahan ini cocok untuk digunakan pada mesin yang membutuhkan sambungan tahan air dingin sekaligus tahan panas. Kekuatan dan kelenturan karet menjadi penentu kecocokannya dalam penggunaan.
Jenis gasket ini tahan terhadap suhu rendah dan zat kimia, seperti hidrogen peroksida. Bentuknya dapat disesuaikan menjadi seal datar atau melingkar, dengan toleransi suhu dari -190°C hingga 250°C.
Fleksibel dan tahan panas, cocok untuk digunakan pada mesin yang memerlukan aliran air panas atau uap. Tahan terhadap kondisi asam dan basa.
Gasket ini dibuat ketika gasket non-logam tidak cukup untuk mencegah kebocoran dalam kondisi tekanan dan temperatur tinggi. Terbuat dari berbagai logam seperti timah, tembaga, aluminium, hingga baja, dengan pegas untuk perapat tambahan.
Gasket ini memiliki lapisan asbes di antara dua lapisan tipis baja dan tembaga. Sangat baik untuk digunakan pada suhu tinggi karena asbes dan logam memberikan ketahanan terhadap tekanan dan panas.
Bagaimana, apakah sudah paham seberapa penting peran gasket bagi mesin mobil kamu? Kondisi gasket mobil sangat mempengaruhi performa mesin. Jika gasket mobilmu rusak, performa mesin bisa menurun drastis dan menyebabkan berbagai masalah.
Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa cek daftar bengkel terdekat bagi kamu yang berdomisili di Jabodetabek! Setir Kanan menyediakan berbagai bengkel spesialis, termasuk bengkel spesialis ban, cat and repaint, dan AC mobil, serta bengkel lainnya. Jadi, selain memperbaiki gasket, kamu juga dapat menemukan solusi untuk perawatan dan perbaikan mobil lainnya.
Selain itu, di Setir Kanan kamu juga dapat tukar tambah mobil lama mu dengan mobil impianmu loh! Dengan DP 0% atau pembayaran angsuran dua kali kamu sudah dapat membawa pulang mobil impianmu! Tunggu apalagi, jangan sampai kamu kehilangan kesempatan emas ini! Segera dapatkan hanya di Setir Kanan!
Rabu, 12 Juni 2024
Kamis, 30 Mei 2024
Senin, 22 Januari 2024
Jumat, 05 Januari 2024
Kamis, 13 Juli 2023
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024