Selasa, 02 Mei 2023
Diupload oleh : @@Setir kanan Creatives
Bagikan:
Sumber: detikauto
Membeli mobil bekas kini semakin mudah dan terjangkau. Dengan merogoh kocek mulai dari Rp 30 jutaan saja, Sobat Setir sudah bisa mendapatkan mobil Mitsubishi Lancer, yang mana hingga kini masih jadi pilihan favorit bagi mereka penggila otomotif.
Jejak masa lalunya sebagai sang legenda Rally tidak pernah gagal membuat bangga pemiliknya. Apalagi kalau beli yang varian Evolution tahun muda. Hanya melihatnya terparkir dengan anggun di pinggir jalan saja, entah mengapa terasa seperti ada desir tersendiri, antara kagum dan bangga sebab bisa merasakan sendiri menumpangi mobil yang sering dipakai di Balap Sprint Rally.
Jika ingin memilikinya, tersedia 10+ model Mitsubishi Lancer terbaik yang layak dipertimbangkan.
Kami perkenalkan pentolan Mitsubishi Lancer pertama kepada Sobat Setir semua. Memang benar Mitsubishi Lancer SL merupakan mobuka atau mobil tua bangka, namun bukankah semakin lawas maka semakin antik, eksklusif, dan menarik? Buktinya hingga kini masih banyak diincar oleh collector penggila otomotif.
Minim perawatan serta mesin 1.400 cc yang bandel menjadi alasan mengapa Lancer gen 1 ini masih jadi favorit.
Untuk bagian bodi juga masih terbilang kokoh meski usia mobil sudah lebih dari 40 tahun. Hanya saja, harus lebih jeli pada bagian yang rentan keropos, seperti di bagian bawah fender mobil.
Untuk sekelas mobil antik, merogoh kocek untuk tune up supaya lebih glow up sepertinya bukan masalah yang berarti jika membandingkan dengan nilai historisnya.
Beberapa tahun setelah masa kejayaan Mitsubishi Lancer SL, kemudian hadir Lancer Dan Gan. Diproduksi tahun 1987 dengan mesin 1.600 cc SOHC karburator (GLX), dan pada tahun 1989 mengalami facelift dengan perubahan minim pada eksterior namun totalitas mengubah bagian mesin menjadi DOHC injeksi berlabel varian GTi.
Memasuki tahun 1992 merupakan tahun paling penting bagi Mitsubishi karena berkat kehadiran mobil ini, Mitsubishi berhasil meraih kejayaan di kejuaraan reli dunia.
Untuk membuatnya kompetitif di ajang kompetisi, Mitsubishi Motors menerapkan bodi yang ringan dan kompak dikombinasikan dengan mesin 4G63T, turbocharger dari Galant VR-4, serta penggerak 4WD full time sehingga menghasilkan performa buas.
Selama perjalanannya, Mitsubishi meluncurkan 3 varian, yaitu GTi (1800cc DOHC 16V injeksi), GLXi (1600cc SOHC injeksi), dan GLX (1500cc SOHC karburator MT/AT).
Untuk menyempurnakan generasi pertama, hadir mobil Mitsubishi Lancer Evolution II dengan bagian handling dan stabilitas yang mampu membuat mobil ini lincah di tikungan.
Soal tenaga sudah di atas generasi sebelumnya meski sebenarnya kedua mobil tersebut sama-sama menggunakan mesin 4G63. Tenaga yang dihasilkan keduanya antara lain 250 PS hp (generasi pertama) dan 260 PS hp.
Tahun berikutnya, muncul Lancer Evo III dengan peningkatan di bagian aerodinamika dan pendinginan mesin sehingga dapat melaju kompetitif lebih cepat di balapan.
Guna mendukung tujuan tersebut, mesin diupgrade menjadi 270 PS dengan rasio kompresi menjadi 9.0, dan eksterior pun sama dengan menambah bumper depan, samping, airdam hingga spoiler belakang.
Berkat sejumlah peningkatan tersebut, Mitsubishi berhasil mengangkat Tommi Makinen menaiki tangga juara rally dunia.
Kejuaraan Tommi dengan Lancer Evo 3 memacu Mitsubishi untuk meluncurkan Lancer Evo baru dengan peningkatan menyeluruh guna menarik atensi lebih banyak dari para pecinta sports car. Beberapa peningkatannya antara lain, yaitu mesin 280 PS dan teknologi AYC (Active Yaw Control) untuk pengendali keseimbangan berkendara antara ban sisi kiri dan kanan.
Di samping itu, ada fakta menarik dari mobil Mitsubishi Lancer ini. Diakui pengamat otomotif bahwa hingga sekarang, Lancer Evo 4 menjadi buruan langka dan harganya cukup mahal.
Mitsubishi meluncurkan Lancer Evo lagi setelah FIA (Federasi Automobil Indonesia) memberikan kebebasan memodifikasi mobil secara ekstrim bagi pabrikan mobil. Karena itulah, hadir jok sporty Recaro dan rear spoiler pada Lancer Evo 5.
Bagian handling juga dipertajam, dan tidak lupa pada mesin ikut ditingkatkan dengan membuat piston lebih ringan serta nozzle turbocharger lebih besar sehingga menghasilkan torsi maksimum hingga 373 Nm di 3.000 rpm.
Masa kejayaan mobil Mitsubishi Lancer terus naik sehingga meluncurkan generasi keenamnya. Hadir dengan platform berkode CP9A dengan transmisi 5-speed manual, serta merancang desain aerodinamika secara totalitas tanpa menurunkan endurance ataupun sistem pendingin.
Tepat pada tahun 2003, mobil Mitsubishi Lancer Evolution baru mulai tampil agak berbeda dengan platform Lancer Cedia, namun masih tetap setia menggunakan mesin 4G63T dengan daya 280 dk.
Bagian dimensi juga ditingkatkan, serta transmisi otomatis baru dimunculkan pada generasi ini
Merasa kurang sempurna di Lancer Evo sebelumnya, Mitsubishi melakukan peningkatan lagi dengan mengusung model GSR dan RS pada Lancer Evo 8. Selain itu, mobil juga sudah beratapkan baja dengan transmisi 6 percepatan. Makin ganteng apabila mobil dimodifikasi dengan mewarnai bodi secara menyeluruh menggunakan warna hitam serta mengganti pelek dark alloy merek BBS.
Mulai dari generasi kesembilan, Lancer Evolution hadir dengan mesin 2.0 liter dan berteknologi variable valve timing sehingga dapat melaju semakin bertenaga hingga 287 hp.
Untuk penampilan, Mitsubishi masih mempertahankan desain Evo 8 pada Lancer Evolution generasi kesembilan namun dengan bodi bermodel wagon.
Pada generasi terakhir, mobil Mitsubishi Lancer Evolution mengusung kembali konsep awal dengan model sedan keluarga. Elegan, namun tetap sporty.
Saat itu, Lancer EX diberi nama Galant Fortis. Jadi, pada waktu itu ada rencana meneruskan generasi Galant namun dengan platform baru Evolution series. Sayangnya, nama Galant kurang menjual.
Itulah tadi ulasan singkat mengenai perjalanan Mitsubishi Lancer dari generasi pertama yang layak dipertimbangkan, mengingat sepak terjangnya terbukti mumpuni di berbagai bidang, mulai dari reli hingga street racing.
Sumber: Carvaganza
Sebagai pusat pembelian mobil bekas yang menawarkan pembelian secara kredit, Setir Kanan menawarkan mobil bekas beragam merek dengan tahun muda dan surat kendaraan lengkap. Cicilan mobil bekas tergolong ringan, mulai dari Rp 70rb-an/Hari dan Tanpa DP.
Bonus perlindungan kredit untuk semua tenor dengan tambahan promo hanya di Setir Kanan. Gunakan kesempatan ini untuk mewujudkan keinginan beli mobil masa depan yang sudah lama diimpikan!
Rabu, 03 Januari 2024
Kamis, 24 Oktober 2024
Kamis, 11 Juli 2024
Selasa, 17 Oktober 2023
Kamis, 30 Mei 2024
Rabu, 29 Mei 2024
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024