Jumat, 18 Agustus 2023
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Setelah diluncurkan secara perdana di ajang Tokyo Motor Show tahun 2019 lalu, kini Mazda berhasil menunaikan janjinya untuk turut membawa Mazda MX-30 ke Indonesia. Mobil yang sudah lebih dulu melenggang di jalan Eropa ini kini resmi diperkenalkan di ajang GIIAS 2023 yang akan berlangsung sampai 20 Agustus mendatang.
Mazda MX-30 ini merupakan unit Mazda full EV pertama di Indonesia. Mobil yang mendapat gelar sebagai Best Design Car of The Year Japan 2020-2021 ini datang dengan konsep Kodo Desain yang sudah menjadi ciri khas dari mobil Mazda.
Kira-kira apa saja hal baru yang bisa kita temukan di Mazda MX-30? Simak informasi dan review selengkapnya di bawah ini!
Kesan yang pertama kali kita dapatkan ketika melihat Mazda MX-30 adalah simpel, elegan, dan mewah. Kita bisa langsung melihat Kodo Design yang unik dari Mazda. Bentuk mobil yang begitu modern ini begitu dicintai oleh para fansnya yang menginginkan sebuah konsep mobil yang simpel, namun tetap fungsional.
Jika dibandingkan dengan unit Mazda sebelumnya yang paling mirip (CX-30), di sini kita bisa menemukan beberapa perbedaan yang lumayan mencolok. Karena menggunakan sistem full electric, kini grill yang berukuran besar ditiadakan. Bentuknya jadi lebih kecil, lebih ramping, dengan logo Mazda yang floating di bagian tengahnya.
Bentuk grill nya menyipit di bagian lampu yang kini sudah full LED. Di bagian bawah juga ada tambahan lampu LED berwarna putih dengan bentuk yang memanjang serta radar yang letaknya masih berdekatan.
Kesan crossover begitu mencolok apabila kita cek bagian sampingnya. Ada aksen hitam yang bentuknya memanjang sampai belakang yang serasi dengan warna body yang merah cerah. Warna hitam juga diaplikasikan pada bagian roof nya.
Nah, jika melihat row belakang, sebagian orang mungkin masih kebingungan soal bagaimana cara membukanya. Di sini Mazda mengadopsi desain freestyle door, yang mana mirip dengan mobil sport Mazda RX8, dengan sistem pembukaan pintu dari dalam. Jadi tenang saja, mobil ini juga masih memiliki space bagian belakang untuk memuat beberapa penumpang.
Untuk soal velg, di sini Mazda tidak menggunakan velg EV pada umumnya. Bentuk velg yang biasanya tertutup diganti menjadi desain yang konvensional. Velg ini dilapisi dengan ban dengan ukuran 215/55 R18.
Walau ada row kedua yang bisa digunakan oleh penumpang, ada satu bagian yang perlu diperhatikan di sini, yakni head roomnya. Karena bentuk belakangnya dibuat melandai, head room nya pun jadi terasa lebih sempit. Jadi untuk penumpang dengan postur yang tinggi, posisi duduk kemungkinan jadi terasa kurang nyaman.
Di bagian belakang mobil ada beberapa elemen yang juga ada di unit Mazda sebelumnya, yaitu spoiler kecil, wiper, defogger, dan juga lampu LED nya. Uniknya, lampu belakang memiliki bentuknya yang membulat.
Di sini juga ada emblem MX-30, dan juga emblem E-Skyactive EV. Ada juga sensor parkir, kamera 360, reflector, dan rear foglight satu titik.
Walau Mazda sendiri masih belum memperbolehkan untuk mengecek bagian dalam unit MX-30 ini (karena masih dalam masa perkenalan), kita masih bisa melihat interior dengan jelas berkat kacanya yang bening.
Untuk unit Mazda MX-30, kini Mazda menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, yang mana selaras dengan mobil berkonsep EV. Hal yang unik adalah tambahan gabus berwarna coklat di bagian tengah yang letaknya tepat di bawah tuas transmisi. Pengemudi bisa menggunakannya untuk meletakkan barang-barang, seperti smartphone atau dompet.
Jika dilihat secara sekilas, interiornya masih mirip dengan unit-unit Mazda sebelumnya, terutama CX-30.
Untuk aspek entertainment, Mazda menyertakan head unit berukuran 8,8” yang sudah support Android Auto dan Apple Car Play. Mobil ini juga sudah terhubung dengan Mazda Connect. Masih dekat dengan setir, ada panel instrumen digital dengan ukuran 7”.
Tapi, ada lagi satu layar kecil untuk pengaturan AC, yang lokasinya dekat dengan transmisi. Pengaturan AC ini bisa dilakukan dengan menekan tombol yang ada di bagian kanan dan kiri.
Walau masih belum ada test drive secara resmi yang disediakan oleh Mazda, paling tidak kita sudah bisa mengetahui tentang spesifikasi motor listrik yang ditanamkan di sini. Di unit Mazda MX-30, baterai yang dipakai berjenis Lithium iOn dengan ukuran 35,5 Kwh.
Dengan kapasitas sebesar ini, pengguna bisa menggunakan mobil ini untuk menempuh jarak sepanjang 209 km.
Untungnya sudah ada fitur fast-charging di sini, jadi pengisian daya mulai dari 0% sampai 80% hanya perlu waktu sekitar 30 sampai 40 menit saja. Motor listriknya bisa mengeluarkan tenaga sampai 144 PS di torsi maksimal 264 Nm, yang mana lumayan kencang di kelasnya.
Mazda memperkenalkan dua varian warna MX-30, yakni Soul Red dan Polymetal Grey. Karena tahap ini masih perkenalkan, harga resmi dari unit ini masih belum disebutkan oleh Mazda. Banyak orang memprediksi bahwa harganya kemungkinan bisa dibawah Rp 700 juta, namun kita tunggu saja informasi resmi dari Mazda.
Dan itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami berikan tentang Mazda MX-30. Bagaimana menurut kalian? Apakah mobil ini terlihat worth-it untuk dibeli?
Karena harga mobil listrik masih begitu mahal, kamu juga bisa lho membertimbangkan mobil bekas dengan cicilan murah yang dijual di Setir Kanan! Cek unit apa saja yang tersedia, dan pilih tenor yang paling sesuai.
Jangan lupa nikmati juga promo Agustus Merdeka untuk mendapatkan cashback Rp 2 juta rupiah untuk pembelian mobil bekas di sepanjang bulan Agustus 2023!
Mobil Bekas Harga Cerdas? Hanya di Setir Kanan!
Senin, 27 November 2023
Rabu, 29 Mei 2024
Selasa, 29 Agustus 2023
Rabu, 29 Mei 2024
Senin, 28 Agustus 2023
Kamis, 25 April 2024
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024