Jumat, 29 November 2024
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Mazda Astina merupakan mobil sport dengan fitur yang sangat canggih pada zamannya. Diluncurkan lebih dari tiga dekade yang lalu, hingga kini mobil ini tetap kharismatik dan menarik perhatian terutama di kalangan pecinta mobil sport lawas.
Jika Sobat Setir tertarik untuk memilikinya, maka simak ulasan lengkap seputar spesifikasi Mazda Astina pada artikel berikut ini!
Indomobil Group melalui PT National Motors Co., meluncurkan Mazda Astina pada tahun 1991. Saat itu Mazda identik dengan tagline, “Mazda Hadirkan Teknologi Masa Depan Saat Ini” dan tagline tersebut diterapkan pada mobil liftback satu ini.
Salah satu yang membuatnya populer kala itu adalah fitur speedometer digital yang dimilikinya. Sistem digital di era 90-an dapat disebut terobosan baru, mengingat pada masa itu sistem analog masih mendominasi.
Tak hanya itu, Mazda Astina menjadi pelopor mobil yang menggunakan lampu pop up. Jadi, Sobat Setir dapat merasakan kesan sporty dari pemasangan lampu tersebut.
Kesan sporty pada mobil inipun didukung dengan mesin yang mampu menghasilkan tenaga hingga 102 HP dan mampu meluncur dengan kecepatan maksimal 200 km/jam. Tak heran jika Astina disebut sebagai mobil tercepat pada masanya.
Baca Juga: Mazda MX-30 Jarak Tempuh 200 Km? Intip Spesifikasinya! - Setir Kanan
Meski telah hadir sejak tahun 90-an, namun unit bekas mobil Mazda Astina masih dicari oleh banyak orang. Tentunya hal ini tidak terlepas dari spesifikasi yang ditawarkannya, yaitu:
Sumber: theautopian.com
Dibandingkan dengan mobil keluaran 2000 an ke atas, tentu Mazda Astina memiliki kabin yang lebih mungil. Meski demikian, kondisi kabin Astina cukup fungsional dan tetap nyaman ditempati.
Tak hanya fungsional, desain interior mobil ini pun terasa cukup sporty dengan jok berbahan fabric disertai elemen soft touch.
Tambahan bucket di paha dan punggung pada kursi depan tentu menambah kenyamanan bagi pengemudi mobil.
Selain itu, sudut kemiringan kursi pun dapat diatur sesuai kenyamanan. Namun sayangnya, Mazda Astina tidak dilengkapi dengan pengaturan ketinggian headrest.
Sedangkan untuk kemudi, Astina memiliki pengaturan tilt agar posisi kemudi dapat disesuaikan dengan postur tubuh Sobat Setir.
Mobil ini pun sudah dilengkapi dengan tombol pembuka otomatis (power window) di semua sisi pintu. Pada masanya, power window belum populer digunakan. Penggunaan engkol masih mendominasi pada era tersebut. Sehingga power window menjadi nilai plus bagi Mazda Astina.
Secara umum, Mazda Astina memiliki dimensi yang cukup besar, yaitu 4260×1675×1335mm sehingga cocok digunakan sebagai mobil keluarga.
Sedangkan pada bagian desain eksteriornya, Mazda Astina pada saat itu begitu digandrungi dan menjadi salah satu mobil yang cukup trendi. Model liftback serta lampu pop up ala mobil sport menjadi ciri khas dan sangat ikonik dari mobil ini.
Tampak sebuah spoiler terpasang pada bagian belakang mobil. Spoiler ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan mobil saat melaju kencang.
Tak hanya spoiler, keseimbangan aerodinamis pada mobil ini pun didukung dengan desain atap yang cenderung menukik ke atas.
Selain itu, mobil ini pun dilengkapi dengan wiper belakang. Adanya wiper membuat pengemudi tetap dapat melihat dengan jelas area belakang dengan spion saat kondisi hujan.
Meski dirilis tahun 90-an, Mazda Astina sudah memiliki performa mesin yang mumpuni di masanya.
Tipe ini dibekali dengan mesin BP05 berkapasitas 1.800 cc dan mampu menghasilkan daya 102 HP pada 5.500 rpm dengan torsi 150 Nm maksimal pada 4,000 rpm.
Selain itu, daya yang dihasilkan dari mesin 1.800 cc ini mampu memacu Mazda Astina untuk melaju kencang hingga 200 km/jam. Tak heran jika mobil ini kerap digunakan balap saat track day.
Tak hanya kecepatan saja, Mazda Astina pun sudah teruji memiliki performa mesin yang cukup responsif. Selain itu, desain aerodinamis dari Astina membuat mobil ini tetap stabil saat dipacu dengan kecepatan tinggi.
Sumber: mynrma.com.au
Diluncurkan lebih dari 30 tahun lalu, kala itu Mazda Astina memiliki fitur-fitur modern melebihi standar mobil pada masanya. Salah satunya adalah adanya panel digital pada dashboard yang merupakan langkah inovatif pada masa itu.
Panel digital tersebut menampilkan informasi waktu, kecepatan hingga putaran mesin. Sobat Setir dapat melihat output speedometer dalam bentuk angka, sedangkan Tachometer yang menunjukan putaran mesin ditampilkan dalam bentuk bar.
Tak hanya itu, Mazda Astina pun sudah dilengkapi dengan fitur power window. Ini merupakan fitur inovatif pada masanya, karena umumnya mobil di era 90-an masih menggunakan sistem engkol.
Mazda Astina memiliki kelebihan sebagai mobil sport yang dapat dipacu hingga kecepatan maksimal dengan stabil. Keseimbangan aerodinamis yang tidak akan Sobat Setir dapatkan dari mobil sekelasnya.
Meski tergolong mobil lawas, Sobat Setir tak perlu khawatir dengan suku cadang Mazda Astina. Spare part mobil ini dapat disubstitusikan dengan suku cadang dari Ford ataupun Hyundai. Tentu ketersediaan suku cadang menjadi nilai plus sekaligus pertimbangan saat akan memilih mobil lawas.
Sayangnya, mesin berkapasitas 1.800 cc ini belum dilengkapi dengan teknologi hemat bahan bakar. Alhasil mobil dengan tenaga tinggi ini memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang tinggi alias boros.
Selain itu mesin Astina pun terkenal rewel karena kerap timbul suara berisik akibat ausnya HLA (Hydraulic Laster Adjuster). Namun Sobat Setir tak perlu khawatir, hal tersebut dapat ditangani dengan melakukan perawatan yang telaten seperti mengganti pelumas secara tepat waktu dengan oli standar.
Sumber; grays.com
Meski jadul, Mazda Astina tetap diminati oleh para pecinta mobil lawas. Kecepatan serta desainnya yang unik menjadi incaran mobil satu ini.
Sediakan budget 30-45 jutaan untuk memiliki mobil bekas liftback trendi era 90-an ini. Namun untuk kondisi mobil yang masih cukup baik, harga bekas Mazda Astina masih dibanderol mulai dari Rp. 70 Jutaan.
Baca Juga: 12 Daftar Mobil 3 Baris di Bawah 100 Juta, Luas & Nyaman! - Setir Kanan
Demikianlah berbagai penjelasan seputar spesifikasi Mazda Astina berikut kelebihan dan kekurangan serta harganya. Sayangnya mobil ini hanya bisa kamu dapatkan unit bekasnya saja karena sudah tidak lagi diproduksi di Indonesia.
Selain Mazda Astina, Sobat Setir juga bisa mendapatkan berbagai berbagai mobil bekas harga cerdas lainnya hanya di Setir Kanan.
Sebab hanya di Setir Kanan, Sobat Setir bisa membeli mobil bekas dengan DP 0% atau cukup bayar 2 kali angsuran di awal (untuk unit bertanda khusus) dengan cicilan yang sangat terjangkau, mulai Rp 70 ribuan per hari.
Jadi tunggu apalagi? Yuk cek berbagai pilihan menariknya hanya di Setir Kanan sekarang juga!
Rabu, 05 Februari 2025
Rabu, 05 Februari 2025
Selasa, 04 Februari 2025
Selasa, 04 Februari 2025
Senin, 03 Februari 2025
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024