Senin, 11 November 2024
Diupload oleh : @Setir Kanan Creative
Bagikan:
Toyota Kijang Super merupakan salah satu mobil MPV (Multi-Purpose Vehicle) yang sangat populer di Indonesia, dikenal karena desainnya yang fungsional dan kapasitasnya yang besar.
Dikenal sebagai kendaraan keluarga, Kijang Super menawarkan kenyamanan serta daya angkut yang memadai, sehingga cocok untuk perjalanan jauh maupun penggunaan sehari-hari.
Dengan berbagai pembaruan dan inovasi yang disematkan pada setiap generasi, Kijang Super terus menjadi pilihan favorit di kalangan masyarakat. Bagi kamu yang penasaran dengan spesifikasi dan keunggulan Kijang Super, artikel ini tepat untuk kamu. Untuk lebih detailnya, simak artikel di bawah ini ya!
Toyota Kijang Super merupakan salah satu mobil legendaris di Indonesia. Mobil ini memiliki eksterior yang tangguh serta performa mesin yang mumpuni untuk aktivitas sehari-hari. Berikut ini spesifikasi Toyota Kijang Super yang perlu kamu pahami sebelum membelinya!
Sumber: Kompas.com
Toyota Kijang Super dikenal dengan dimensi yang cukup proporsional untuk mobil keluarga. Mobil ini memiliki ukuran panjang 4.290 mm, lebar 1.620 mm, dan tinggi 1.775 mm, yang membuatnya mudah bermanuver di jalan perkotaan namun tetap lapang di bagian dalam.
Dengan ground clearance atau jarak terendah ke tanah sebesar 165 mm, mobil ini memiliki ketinggian yang cukup aman untuk berbagai kondisi jalan di Indonesia, termasuk saat melewati jalanan yang bergelombang atau berbatu.
Dari segi tampilan, Kijang Super menawarkan desain yang lebih modern dan dinamis dibandingkan generasi sebelumnya. Desainnya tidak lagi terlihat kotak atau kaku; kini mobil ini memiliki sudut-sudut bodi yang lebih halus dan menarik.
Garis-garis bodi juga dirancang mengalir dari depan hingga belakang, memberikan kesan elegan dan solid. Selain itu, aspek aerodinamika kendaraan ini juga mengalami peningkatan dengan penurunan Coefficient of Drag (Cd) menjadi 0,45 yang membuatnya lebih hemat bahan bakar dan stabil saat melaju di kecepatan tinggi.
Baca Juga: 7 Harga Sedan Toyota Bekas Termurah di OLX, Mulai Dari 55 Juta - Setir Kanan
Pada bagian samping, Kijang Super dengan kode sasis KF50 memiliki bodi yang lebih panjang sekitar 20 cm dibandingkan model Kijang Super dengan sasis KF40, sehingga memberi ruang lebih pada kabin bagian belakang.
Model sasis KF50 ini hadir dalam dua pilihan, yaitu minibus dan pikap, masing-masing memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. Namun, pintu penumpang belakang hanya tersedia di sisi kiri, yang cukup khas untuk kendaraan minibus di era tersebut.
Di bagian belakang, Kijang Super mengusung model pintu belakang swing atau yang membuka ke samping. Pintu ini berukuran tiga per empat dari lebar keseluruhan bodi, yang meskipun praktis dan mudah dibuka, memiliki sedikit kelemahan.
Karena ukurannya yang tidak terlalu lebar, akses keluar-masuk dari pintu belakang mungkin terasa kurang lapang, terutama ketika membawa barang berukuran besar. Meski demikian, model pintu swing ini tetap menjadi pilihan yang fungsional bagi pengguna Kijang Super di berbagai situasi.
Sumber: Kompas.com
Interior Toyota Kijang Super hadir dengan beberapa pembaharuan yang menjadikannya lebih fungsional dan nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Salah satu perubahan yang cukup mencolok terdapat pada dasbor mobil ini.
Jika pada model sebelumnya dasbor Kijang masih menggunakan bahan dasar besi, kini Kijang Super telah dilengkapi dasbor berbahan plastik dengan desain yang lebih modern dan ergonomis. Dasbor berwarna coklat ini tidak hanya memberikan kesan estetis yang lebih baik tetapi juga dilengkapi dengan laci tertutup, sehingga memudahkan pengemudi dan penumpang untuk menyimpan barang-barang kecil dengan rapi.
Bagian kursi depan Kijang Super juga mengalami peningkatan dari segi kenyamanan. Kedua kursi depan dilengkapi dengan mekanisme pengaturan sliding dan reclining, memungkinkan pengemudi serta penumpang depan untuk menyesuaikan posisi duduk sesuai dengan kenyamanan masing-masing.
Selain itu, kursi ini bisa digeser ke depan untuk memudahkan akses menuju kursi baris kedua, yang memberikan nilai tambah bagi pengguna, terutama saat membawa banyak penumpang.
Sebagai mobil MPV (Multi Purpose Vehicle), Kijang Super juga memperhatikan fleksibilitas kabin. Kursi di baris tengah dan belakang dapat dilipat sehingga ruang bagasi bisa diperluas sesuai kebutuhan.
Fitur ini sangat membantu bagi pengguna yang membutuhkan kapasitas bagasi lebih besar, misalnya saat membawa barang bawaan yang banyak atau barang berukuran besar. Namun, meskipun ruang gerak pada baris kedua cukup lega, kursi di baris ini tidak dilengkapi dengan pengaturan sandaran, yang mungkin mengurangi kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh.
Pada baris ketiga, kursi masih menggunakan model berhadapan atau commando, yang mirip dengan tata letak kursi pada kendaraan angkutan umum. Model ini memang memungkinkan kapasitas penumpang lebih banyak, namun kurang ideal dari segi kenyamanan dan aksesibilitas.
Mengakses baris ketiga juga membutuhkan sedikit usaha lebih, karena ruang masuknya terbatas. Meski begitu, bagi pengguna yang mencari kendaraan dengan daya angkut besar, Kijang Super tetap memberikan kelebihan.
Selain kapasitas penumpang yang memadai, Kijang Super juga memiliki ruang bagasi yang cukup luas. Bagasi ini memungkinkan pengguna untuk membawa barang dalam jumlah banyak sesuai kebutuhan.
Namun, terdapat kekurangan pada bagian bagasi yang masih menggunakan model pintu swing. Pintu bagasi ini membuka ke samping, bukan ke atas, sehingga akses untuk memasukkan barang menjadi agak terbatas terutama pada area parkir yang sempit. Model pintu ini mungkin mengurangi fleksibilitas saat membawa barang berukuran besar atau panjang.
Toyota Kijang Super dibekali mesin bertipe 5K dengan kapasitas 1.486 cc, konfigurasi 4 silinder, SOHC (Single Overhead Camshaft), dan Advance Super Response Engine yang menggunakan teknologi OHV (Overhead Valve).
Mesin ini dirancang untuk memberikan performa tangguh dengan tenaga sebesar 61,5 hp pada 5.600 rpm dan torsi maksimal mencapai 110,8 Nm pada 2.800 rpm. Tenaga dan torsi yang dihasilkan ini memungkinkan Kijang Super untuk melaju dengan baik di berbagai kondisi jalan, terutama pada jalan perkotaan yang sering kali membutuhkan akselerasi responsif pada kecepatan rendah hingga sedang.
Dengan kombinasi performa tersebut, Kijang Super tetap bertenaga saat menempuh jalanan menanjak, bahkan ketika mobil diisi dengan barang atau penumpang dalam jumlah banyak.
Kijang Super menjadi model Kijang pertama yang menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Transmisi ini dirancang untuk memberikan kenyamanan berkendara yang optimal, terutama dalam hal perpindahan gigi yang lebih halus dan efisien.
Dengan transmisi 5 percepatan ini, Kijang Super menawarkan kontrol lebih baik pada kecepatan rendah hingga tinggi, memungkinkan pengemudi untuk mengatur putaran mesin lebih presisi dan hemat bahan bakar saat melaju di jalan raya atau jalan tol. Di sisi lain, perpindahan gigi yang lebih lancar juga membantu menambah kenyamanan berkendara, sehingga Kijang Super dapat melaju dengan stabil dan halus di berbagai medan jalan, baik di perkotaan maupun luar kota.
Demi mendukung kenyamanan dan kestabilan berkendara, Toyota Kijang Super dilengkapi dengan suspensi yang tangguh. Di bagian depan, Kijang Super menggunakan suspensi Dual Wishbone yang memberikan kestabilan ekstra, membantu meredam getaran, serta meningkatkan kenyamanan saat melewati jalan bergelombang.
Suspensi ini memungkinkan ban tetap menempel di jalan dengan optimal, sehingga kontrol kemudi menjadi lebih responsif. Sementara itu, di bagian belakang, Kijang Super menggunakan sistem suspensi Leaf Spring atau per daun, yang terkenal karena ketahanannya dalam menahan beban berat.
Suspensi Leaf Spring pada Kijang Super memberikan kekuatan ekstra saat membawa muatan berat atau saat digunakan sebagai kendaraan angkut yang memerlukan daya tahan tinggi.
Toyota Kijang Super adalah kendaraan yang menawarkan kesederhanaan dalam fiturnya, tanpa kehadiran teknologi canggih yang biasa ditemukan pada mobil-mobil modern. Kendaraan ini tidak dilengkapi dengan fitur standar seperti AC (Air Conditioner) bawaan. Bagi sebagian konsumen yang ingin menambahkan AC, opsi ini tersedia sebagai tambahan opsional yang umumnya dipasang oleh pihak dealer.
Untuk Kijang Super yang dipasangi AC, merek yang digunakan adalah Thermo King atau Denso, dengan blower utama yang dipasang di bawah dasbor. Peletakan ini memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik di dalam kabin, meskipun kualitas dan daya dinginnya tentu tidak sebanding dengan AC bawaan pada mobil modern.
Dalam hal distribusi bobot, Toyota Kijang Super memiliki beberapa pengaturan khusus untuk menjaga stabilitas dan keseimbangan kendaraan. Salah satunya adalah peletakan tangki bahan bakar yang ditempatkan di bagian belakang dan diapit oleh dua pegas daun, sebuah desain yang dianggap dapat menambah keseimbangan terutama ketika membawa muatan penuh.
Sedangkan posisi ban serep Kijang Super terletak di bagian kiri bawah bangku kursi penumpang depan. Namun, sayangnya ban serep ini mudah kotor karena tidak dilengkapi dengan pelindung atau cover khusus, sehingga rawan terkena lumpur atau debu saat kendaraan melaju di jalan berdebu atau basah.
Sebagai mobil dengan teknologi sederhana, Kijang Super tidak dibekali fitur hiburan canggih seperti layar MID (Multi Information Display) atau sistem audio yang mumpuni. Desainnya memang lebih mengutamakan fungsi dasar dibandingkan fitur-fitur hiburan atau kenyamanan tambahan.
Di sisi lain, Kijang Super tetap memiliki panel instrumen yang fungsional untuk memberikan informasi penting kepada pengemudi. Panel instrumen ini dilengkapi dengan odometer, spidometer, serta indikator suhu mesin yang mudah dibaca, dengan warna latar kuning yang pada masanya cukup populer dan memberikan kesan klasik. Warna latar tersebut memang menjadi tren khas di era Kijang Super diproduksi, menambah nuansa nostalgia bagi para pengguna.
Dari segi keselamatan, Kijang Super dilengkapi dengan sabuk pengaman di kursi depan, yang menjadi fitur keselamatan standar saat itu. Meski terbilang sederhana, kehadiran sabuk pengaman sudah cukup mendukung keamanan penumpang depan selama berkendara. Namun, sabuk pengaman belum tersedia pada kursi baris kedua dan ketiga, yang mungkin menjadi perhatian bagi pengguna yang mengutamakan keselamatan seluruh penumpang.
Bagi kamu yang ingin membeli Kijang Super, berikut ini beberapa keunggulannya yang bisa jadi bahan pertimbanganmu:
Toyota Kijang Super dikenal sebagai mobil yang ekonomis dalam konsumsi bahan bakar, meskipun menggunakan sistem karburator yang umumnya tidak seefisien sistem injeksi. Teknologi karburator pada mesin Kijang Super dirancang untuk tetap memberikan efisiensi bahan bakar yang baik, terutama dalam kondisi penggunaan standar seperti di dalam kota.
Selain itu, keunggulan efisiensi ini semakin terasa jika mobil dirawat dengan benar dan mesin dijaga dalam kondisi prima. Keiritan bahan bakar pada Kijang Super menjadikannya pilihan ideal bagi pengguna yang menginginkan kendaraan harian yang hemat, terutama bagi keluarga atau pengemudi yang sering melakukan perjalanan jarak dekat hingga menengah.
Berbeda dari generasi sebelumnya yang memakai mesin 3K, Kijang Super mendapatkan pembaruan pada mesinnya dengan kode 5K.
Mesin ini merupakan pengembangan dari mesin yang digunakan pada Kijang Doyok sebelumnya, dengan beberapa peningkatan yang membuatnya lebih bertenaga. Mesin berkapasitas 1.486 cc, 4-silinder segaris, OHV 8 katup ini mampu menghasilkan tenaga hingga 70 PS dan torsi maksimum sebesar 115 Nm.
Dengan kapasitas mesin yang lebih besar, performanya dianggap lebih responsif pada putaran awal dibandingkan dengan Kijang generasi sebelumnya. Mesin 5K pada Kijang Super ini juga dilengkapi teknologi Advance Super Response Engine (ASRE) yang berfungsi untuk menyempurnakan sistem suplai bahan bakar.
Pada tahun 1989, mesin Kijang Super generasi ketiga ini mendapatkan pembaruan ringan, yaitu penggunaan visco fan pada radiator, yang membuat kinerja mesin lebih efisien. Selanjutnya, pada tahun 1992, mesin 5K kembali ditingkatkan dengan pemasangan pipa exhaust yang lebih besar, sehingga tenaga mesin bertambah menjadi 72 PS dengan torsi 120 Nm.
Pada facelift terakhir pada tahun 1995, Toyota Kijang Super juga menghadirkan mesin baru berkode 7K dengan kapasitas 1.791 cc, 4-silinder. Di atas kertas, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 80 PS dan torsi sebesar 140 Nm yang dikombinasikan dengan transmisi manual.
Meskipun mengalami beberapa kali peningkatan mesin, daya tahan Kijang Super tetap sebanding dengan generasi sebelumnya, menjadikannya salah satu kendaraan yang terkenal akan ketangguhan dan durabilitasnya.
Sebagai kendaraan jenis minibus, Kijang Super dirancang dengan kabin yang luas agar mampu mengangkut barang dan penumpang dalam jumlah banyak.
Secara kapasitas, mobil ini dapat menampung hingga 9 orang berkat konfigurasi jok di baris belakang yang dibuat saling berhadapan.
Jika area belakang dirasa kurang memadai untuk menampung barang berukuran besar, jok pada baris ketiga ini bisa dilipat ke arah dinding bodi untuk menambah ruang penyimpanan.
Baca Juga: Diikuti 55 Merek, GIIAS 2024 Siap Pamerkan Puluhan Mobil Baru! - Setir Kanan
Kamu tidak perlu khawatir saat mencari suku cadang untuk perawatan berkala mobil ini.
Pasalnya, ketersediaan suku cadang Kijang Super hingga saat ini masih melimpah dan mudah dijumpai di seluruh Indonesia, baik yang asli dari Toyota Indonesia maupun suku cadang aftermarket dan komponen KW.
Jika kamu membutuhkan bagian bodi mobil ini, kamu juga tidak perlu bingung, karena masih banyak penjual yang menawarkan komponen eksterior dan interior Kijang Super.
Selain itu, harga suku cadang yang tersedia juga cukup terjangkau, sehingga kamu tidak perlu khawatir menguras anggaran terlalu dalam.
Menggunakan suspensi jenis double wishbone di bagian depan dan Leaf Spring di roda belakang, membuat ayunan serta bantingan mobil ini terasa cukup empuk, meskipun tidak dapat dikatakan sebagai yang paling nyaman di kelasnya.
Salah satu keuntungan dari penggunaan suspensi tipe per daun ini adalah durabilitasnya yang sangat dapat diandalkan, terutama jika kamu sering membawa penumpang dalam jumlah penuh atau mengangkut barang dalam jumlah yang cukup banyak.
Selain itu, suspensi ini juga mudah diperbaiki jika ada komponen yang mengalami kerusakan.
Bagi kamu yang tertarik untuk membeli mobil bekas Toyota Kijang Super bekas atau mobil bekas merek lainnya, kamu bisa membelinya di Setir Kanan. Setir Kanan merupakan platform jual beli mobil bekas dengan harga cerdas. Keistimewaannya, Setir Kanan menawarkan fasilitas pembayaran DP 0% atau cukup bayar 2x angsuran pertama (untuk unit bertanda khusus), kamu sudah bisa membawa pulang mobil impianmu, serta cicilannya ringan mulai dari Rp 70 ribuan/hari saja! Sehingga memudahkan sobat setir untuk memiliki mobil idaman dengan cara yang lebih ekonomis.
Yuk, segera kunjungi website Setir Kanan sekarang juga!
Kamis, 26 Desember 2024
Kamis, 26 Desember 2024
Kamis, 26 Desember 2024
Selasa, 24 Desember 2024
Selasa, 24 Desember 2024
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024