Selasa, 01 Oktober 2024
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Sumber: Jeep Canada
Jeep Wrangler Rubicon 392 dikabarkan adalah produksi terakhir dari Jeep yang menggunakan mesin 8 silinder. Karena hal ini, Rubicon 392 juga dikenal dengan istilah Final Edition. Kabarnya, setelah Rubicon 392 ini, Jeep hanya akan memproduksi mesin empat silinder dan enam silinder serta plug-in hybrid.
Jeep Wrangler Rubicon 392 yang menjadi model terakhir Wrangler ini hanya akan diproduksi sebanyak 3.700 unit. Dari total 3.700 unit, Jeep mengalokasikan 3.300 unit untuk pasar Amerika Serikat, 300 unit untuk Kanada, dan 100 unit lainnya disebar ke seluruh dunia.
Penasaran kan bagaimana Jeep Wrangler produksi terakhir ini? Yuk intip bagaimana spesifikasi serta kelebihan dan kekurangannya berikut ini.
Sumber: Gridoto
Mungkin banyak yang penasaran kenapa namanya Jeep Wrangler Rubicon 392? Apa makna 392 tersebut? Jadi, angka "392" pada nama Jeep ini merujuk langsung pada kapasitas mesin yang disematkan. Mesin yang digunakan pada Jeep Wrangler Rubicon 392 adalah mesin Hemi V8 yang berkapasitas 392 kubik inci atau setara 6,4 liter, salah satu mesin terbesar dan paling bertenaga yang ditawarkan oleh Jeep.
Mesin ini dapat menghasilkan tenaga hingga 470 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi sebesar 637 Nm pada putaran 4.000 rpm, menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan, dan penggerak semua roda (All-wheel drive).
Saat diluncurkan di atas aspal, mobil ini mampu melaju dari 0 hingga 60 mph hanya dalam waktu 4,5 detik, dengan perkiraan waktu seperempat mil hanya 13 detik. Kombinasi tenaga besar dan akselerasi cepat ini menjadikan Jeep Wrangler Rubicon 392 sebagai salah satu kendaraan offroad paling bertenaga dan cepat di kelasnya.
Dari segi dimensi, Jeep Wrangler Rubicon 392 lima seater memiliki panjang 4.786 mm, lebar 1.877 mm, dan tinggi 1892 mm, dengan jarak sumbu roda mencapai 3.001 mm, sementara kapasitas kargo maksimum mencapai 1.907 liter sehingga mobil ini memberikan ruang yang cukup luas untuk penumpang dan barang. Radius putarnya adalah 11.800 mm, dan Ground Clearance-nya 282 mm, memastikan kemampuan melintasi medan yang sulit.
Dengan berat kosong 2.313 kg, kapasitas muatan maksimum 454 kg, dan berat kotor mencapai 2.767 kg, Jeep Wrangler Rubicon 392 menawarkan kombinasi yang ideal antara performa, kapasitas, dan ketangguhan untuk berbagai kebutuhan petualangan.
Baca Juga: Saingan Rubicon Hadir di Indonesia, Inilah Spesifikasi BAIC BJ40 Plus
Sumber: Motor1.com
Apa saja fitur yang disematkan pada Jeep Wrangler Rubicon 392 2024 ini? Berikut ulasannya.
Jeep Wrangler Rubicon 392 dapat mendaki tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau oleh kebanyakan SUV. Ini berkat sumbu yang kuat dan pemutusan sway bar elektronik, yang memberikan indeks perjalanan ramp sebesar 730. Sederhananya, fleksibilitas suspensi Rubicon 392 sangat luar biasa—bahkan lebih baik daripada pesaing utamanya, Ford Bronco Raptor.
Jika kamu sering menghabiskan waktu untuk mendaki batu, bukit, dan medan yang biasanya digunakan untuk ATV dan UTV, Jeep Wrangler Rubicon 392 adalah pilihan yang tepat. Selain hebat untuk off-road, artikulasi yang baik juga membantu saat berkendara sehari-hari dengan membuat traksi lebih mudah dipertahankan di permukaan yang tidak rata.
Kamu tidak perlu lagi repot-repot meng-upgrade Jeep Wrangler Rubicon 392 kamu dengan ban dan roda aftermarket karena sudah dilengkapi dengan roda 17 inci yang siap digunakan dengan beadlock dan ban all-terrain BFGoodrich berukuran 33 inci.
Paket Xtreme Recon ini juga meningkatkan kemampuan Wrangler dalam menghadapi genangan air hingga 33,6 inci, fitur ini sangat berguna saat kamu melewati sungai dan genangan lumpur.
Penting untuk menjaga agar air tidak masuk ke dalam mesin kendaraan. Jeep Wrangler Rubicon 392 dirancang untuk ini, dan menawarkan perlindungan ekstra dengan fitur standar yang menjaga mesin tetap aman.
Berkat Hydro-Guide Air Induction System, Rubicon 392 dapat memisahkan air dari mesin. Ketika air memercik di atas lubang angin kap, sistem ini membantu kendaraan "bernafas" saat menyeberangi sungai.
Jeep Wrangler Rubicon 392 memiliki dua mode yang berhubungan dengan suara mesin, Performance Mode dengan suara keras dan Quiet Mode dengan suara mesin rata-rata. Dengan fitur Dual-Mode Exhaust kamu tidak perlu mengaktifkan Mode
Performa secara manual saat diperlukan, seperti saat menarik beban berat atau pada kecepatan tinggi. Performance Mode akan memberikan lebih banyak tenaga, sementara Quiet Mode mengurangi suara mesin untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Kamu tidak perlu mengoperasikan transmisi secara manual, Jeep Wrangler Rubicon 392 memberi pilihan untuk mengganti gigi sesuai keinginan dengan cara yang praktis, yaitu dengan menggunakan Paddle Shifters. Tidak perlu lagi melihat ke bawah atau repot dengan kopling saat terjebak di lalu lintas.
Paddle Shifters ini diposisikan dengan nyaman di kedua sisi setir—kiri untuk menurunkan gigi dan kanan untuk menaikkan gigi. Fitur ini menghadirkan sensasi mengemudi layaknya mobil sport, sekaligus mempertahankan kemampuan off-road khas Wrangler, menjadikannya satu paket yang lengkap.
Baca Juga: Daftar Pajak Jeep Rubicon Tiap Tahun, Berapa Besarannya?
Kelebihan utama Jeep Wrangler Rubicon 392 terletak pada tenaga besar yang dihasilkan oleh mesin Hemi V8 yang berkapasitas 6,4 liter. Mesin ini tidak hanya memberikan performa yang mengesankan, tetapi juga kemampuan akselerasi yang sangat cepat.
Dengan ground clearance yang tinggi dan suspensi yang dirancang khusus untuk menaklukkan rintangan, mobil ini mampu melibas berbagai tantangan, mulai dari batu besar hingga jalur berlumpur. Fitur-fitur canggih seperti Winch WARN dan Rock Slider Mopar tidak hanya meningkatkan keamanan, tetapi juga kinerja off-road secara keseluruhan, memungkinkan pengendara untuk melintasi medan yang paling menantang sekalipun dengan lebih percaya diri.
Selain aspek performa, interior Jeep Wrangler Rubicon 392 juga dirancang dengan mewah. Jok kulit Nappa yang nyaman dan detail eksklusif memberikan sentuhan premium yang menjadikan setiap perjalanan lebih menyenangkan.
Ruang kabin yang lapang dilengkapi dengan teknologi modern dan fitur kenyamanan, menjadikannya tidak hanya sebagai kendaraan off-road, tetapi juga sebagai tempat yang nyaman untuk berkendara sehari-hari.
Dengan kombinasi antara performa tinggi, kemampuan off-road yang hebat, dan interior yang mewah, Jeep Wrangler Rubicon 392 adalah pilihan sempurna bagi mereka yang menginginkan pengalaman berkendara yang luar biasa di segala kondisi.
Jeep Wrangler Rubicon 392 2024 tak luput dari kekurangan. Ada beberapa kekurangan yang menjadi perhatian para pecinta otomotif. Simak ulasannya di bawah ini.
Salah satu kekurangan Jeep Wrangler Rubicon 392 adalah handling-nya yang masih terasa kurang halus dan cenderung primitif dibandingkan SUV modern lainnya. Meskipun memiliki performa luar biasa di medan off-road, Wrangler 392 kurang nyaman saat dikendarai di jalan raya atau dalam kondisi lalu lintas perkotaan. Sistem suspensi yang dirancang untuk off-road ekstrem membuat pengendalian terasa kaku, terutama pada kecepatan tinggi di aspal.
Dengan mesin V8 yang besar, Jeep Wrangler Rubicon 392 terkenal boros bahan bakar. Ini bisa menjadi masalah bagi yang ingin kendaraan bertenaga tapi tidak ingin terlalu sering mengisi bahan bakar, terutama jika sering dipakai di kota atau perjalanan jauh.
Jeep Wrangler Rubicon 392 memiliki harga yang sangat tinggi, terutama jika ditambah dengan berbagai opsi dan fitur tambahan, menjadikannya salah satu SUV termahal di pasaran. Bagi yang mencari kendaraan off-road tangguh dengan harga lebih terjangkau, Rubicon 392 mungkin terasa terlalu mahal.
Sumber: Rairdon’s Chrysler dodge jeep
Jeep Wrangler Rubicon 392 Final Edition dibanderol dengan harga mulai dari $99.995 (Rp 1,5 miliar) hingga $101.890 (Rp 1,6 miliar) untuk harga jual di Amerika, dan tergantung pada spesifikasi dan aksesori tambahan. Harga ini mencerminkan eksklusivitas dan fitur premium yang ditawarkan oleh kendaraan edisi terakhir dari seri Wrangler ini.
Meskipun Wrangler Rubicon 392 Final Edition 2024 awalnya direncanakan menjadi tahun model terakhir untuk varian mesin V-8, Jeep telah mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkannya kembali untuk satu tahun lagi karena permintaan yang tinggi.
Namun, mereka belum mengungkapkan berapa banyak unit yang akan diproduksi atau berapa harganya, hanya menyatakan bahwa pemesanan akan dibuka akhir tahun ini dan produksi Wrangler Rubicon 392 2025 akan dimulai pada kuartal pertama tahun depan, kemungkinan menjadikannya sebagai Final Edition terakhir.
Itulah informasi tentang Wrangler Rubicon 392 2024. Jika harga Wrangler Rubicon 392 2024 masih terlalu tinggi, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas. Jika kamu tertarik untuk membeli mobil bekas murah, Setir Kanan bisa jadi jawabannya. Setir Kanan merupakan platform jual beli mobil bekas menawarkan kemudahan beli mobil bekas dengan cicilan ringan.
Soal biaya, kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang ada karena kredit mobil bekas di Setir Kanan sangat terjangkau. Dapatkan penawaran menarik berupa DP 0% atau cukup bayar 2x angsuran pertama (untuk unit bertanda khusus), kamu sudah bisa membawa pulang mobil impianmu, serta cicilannya ringan mulai dari Rp 70 ribuan/hari saja!
Tunggu apalagi? Beli Mobil bekas harga cerdas sekarang juga, hanya di Setir Kanan!
Jumat, 25 April 2025
Jumat, 25 April 2025
Jumat, 25 April 2025
Jumat, 25 April 2025
Kamis, 24 April 2025
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024