Rabu, 28 Agustus 2024
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
GAC Motor, salah satu pemain utama di industri otomotif, baru-baru ini mengumumkan peluncuran resmi model terbaru mereka di Indonesia, yaitu GAC Aion Es.
Sedan listrik ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan mobilitas modern dengan menawarkan kombinasi desain futuristik, teknologi mutakhir, dan kenyamanan berkendara yang tak tertandingi.
Bagi kamu yang penasaran mengenai performa dan spesifikasi GAC Aion Es, langsung saja simak artikel dan tonton videonya di bawah ini, ya!
GAC Aion ES hadir sebagai pilihan sedan listrik yang mengesankan di pasar Indonesia. Dengan desain eksterior yang futuristik, interior mewah, teknologi canggih, dan performa yang mengesankan.
GAC Aion Es menjadi pilihan ideal bagi kamu yang mencari kendaraan listrik premium dengan segala fasilitas modern yang ditawarkan. Untuk lebih detailnya, simak informasi di bawah ini!
Mobil GAC Aion S ini memiliki desain eksterior yang futuristik, terutama pada bagian depannya. Lampu depan didesain dengan gaya modern yang sedikit mirip dengan Aion Y Plus, meskipun disini desainnya terpotong di bagian bawah.
Tampilan depan mobil ini tampak terlihat futuristik dan modern, dengan tidak adanya grille di bagian atas, sementara grille di bagian bawah berfungsi untuk pendinginan, termasuk pendinginan untuk AC.
Lampu depannya sudah menggunakan teknologi full LED, dilengkapi dua proyektor untuk lampu dekat dan jauh, serta DRL yang juga berfungsi sebagai lampu sein. Ketika lampu ini menyala, memberikan tampilan yang mencolok dan keren, bahkan dari belakang.
Desain eksterior mobil listrik ini cenderung minimalis tanpa aksen yang berlebihan, sempurna untuk sebuah sedan dengan gaya elegan. Bagian bawah bumper depan dihiasi plastik hitam, menambah kontras yang menarik.
Beralih ke bagian samping, desainnya memancarkan aura sedan klasik dengan aksen satin chrome pada panel depan dan kaca spion lebar yang memberikan pandangan optimal bagi pengemudi. Spion ini juga dilengkapi lampu sein, sementara bingkai kaca menampilkan aksen chrome dan jendela kecil di panel belakang yang memberikan kesan ruang yang lebih luas bagi penumpang di baris kedua.
Mobil ini memiliki dimensi yang cukup besar dengan panjang 4.810 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.545 mm, serta wheelbase 2.750 mm. Velgnya menggunakan desain sederhana dengan warna abu-abu, berukuran 17 inci dan dipadukan dengan ban merek Sentury berukuran 215/55.
Bagian belakang mobil dirancang dengan presisi dan elegan, dilengkapi antena shark fin dan lampu belakang full LED yang unik. Desain lampu belakang ini terhubung melintasi bagian belakang, memberikan sentuhan modern dan manis. Secara keseluruhan, tampilan belakang Aion Es mengingatkan pada desain BMW Seri 5 dengan karakteristik khas GAC yang tetap menonjol.
Bagasinya cukup luas dan memiliki mekanisme pembukaan yang bisa dilakukan dari tombol di dashboard atau melalui kunci remote. Meskipun bagasinya tidak terlalu dalam karena adanya ban cadangan di bawahnya, namun panjangnya cukup untuk menampung koper besar atau peralatan golf. Bagasi ini cukup memadai untuk kebutuhan sebuah sedan. Penjelasan di atas kurang menarik, tolong jelaskan dengan bahasa yang menarik
Saat berada di baris kedua Aion Es dengan tinggi 170 cm, ruang untuk kaki terasa lega, sekitar 10 hingga 13 jari, sementara ruang kepala sekitar 3,5 hingga 4 jari. Ini menunjukkan bahwa kabin Aion Es memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang di baris kedua, menawarkan ruang yang cukup untuk bersantai selama perjalanan.
Salah satu keunggulan Aion Es sebagai mobil listrik adalah keberhasilannya mengatasi masalah umum pada EV lain, yaitu dek yang biasanya lebih tinggi akibat baterai di bawahnya. Di Aion Es, dek dirancang lebih rendah, sehingga posisi duduk terasa lebih alami dan nyaman, dengan dukungan yang baik untuk paha. Kaki pun bisa selonjoran dengan nyaman berkat ruang yang cukup di bawah kursi depan.
Kenyamanan semakin ditingkatkan dengan sudut kemiringan kursi belakang yang tepat, tidak terlalu tegak dan tidak terlalu rebah, sehingga pas untuk perjalanan jauh. Selain itu, tersedia dua ventilasi AC di belakang, dua port pengisian daya, serta tiga sabuk pengaman untuk keselamatan penumpang, lengkap dengan sandaran kepala untuk penumpang di sisi kanan dan kiri.
Beralih ke baris pertama, dashboard Aion Es mengusung desain yang sederhana namun tetap elegan. Head unit 8 inci bergaya floating memberikan tampilan modern, menampilkan pengaturan AC dan berbagai fitur lainnya. AC di Aion Es sudah mendukung dual-zone, memastikan kenyamanan temperatur yang berbeda untuk pengemudi dan penumpang depan. Terdapat pula fitur-fitur modern seperti electronic parking brake dengan auto hold, serta tombol mode berkendara yang memudahkan penyesuaian sesuai kebutuhan.
Instrument cluster menampilkan informasi penting seperti status baterai, konsumsi daya, dan tekanan ban, semuanya disajikan dengan jelas. Setir two-spoke yang simpel dan ergonomis menambah kenyamanan, dilengkapi dengan pengaturan audio di sebelah kiri dan cruise control di sebelah kanan, memberikan kontrol penuh saat berkendara.
Baca Juga: GAC AION ES, Sedan EV yang Baru Saja Meluncur di Indonesia!
GAC Aion Es menggunakan penggerak roda depan (front-wheel drive). Motor listrik yang digunakan mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 kW dan torsi 225 Nm, cukup bertenaga untuk mobil listrik di segmennya.
Bagian depan ini terlihat rapi, dilengkapi dengan cover plastik, meskipun bagian komponen listriknya masih terlihat terbuka. Namun, hal ini tidak menjadi masalah dan bagian atasnya sudah dilengkapi dengan peredam untuk mengurangi kebisingan. Satu hal yang menarik, kap mesin masih menggunakan tongkat penyangga manual, bukan penyangga hidrolik, menunjukkan pendekatan yang sederhana namun fungsional.
Ketika berbicara tentang baterai, GAC Aion Es dilengkapi dengan port pengisian daya yang terletak di bagian kiri belakang mobil. Proses membuka portnya sangat mudah, cukup dengan menekan tombol yang tersedia.
Mobil listrik ini dilengkapi dengan port pengisian CCS Type 2 yang mendukung pengisian daya AC maupun DC, sehingga fleksibel untuk berbagai kebutuhan pengisian. Mobil listrik ini memiliki kapasitas baterai sebesar 55,2 kWh dengan jarak tempuh hingga 442 km. Jarak yang cukup jauh untuk penggunaan sehari-hari, sehingga kamu tidak perlu sering-sering mengisi daya.
Di jalan aspal yang mulus, perjalanannya terasa sangat lembut meski sedikit goyang akibat ketidakrataan permukaan. Namun, saat melaju di jalur berbatu, kualitas suspensinya mampu meredam guncangan dengan baik, sehingga penumpang akan tetap nyaman. Bahkan ketika melewati jalan berlubang, suspensi tetap nyaman dengan ruang kaki dan kepala yang cukup luas, sehingga penumpang bisa duduk dengan rileks.
Posisi pengemudi dapat diatur secara manual, termasuk naik-turun, maju-mundur, dan kemiringan sandaran. Setir juga bisa diatur secara manual, sehingga kamu bisa menemukan posisi yang ideal saat berkendara.
Baca juga: Kelebihan GAC Aion Y Plus, Mobil SUV Compact Pesaing Hyundai Kona
Kaca spion mobil ini memiliki sudut pandang yang luas, sehingga visibilitas ke segala arah sangat baik. Ditambah dengan kaca tambahan di dekat pilar A, membantu mengurangi blind spot, parkir, dan manuver menjadi lebih mudah dengan bantuan kamera mundur.
Soal kedap suara, kabin mobil ini cukup baik dalam meredam kebisingan, meskipun ada sedikit suara dari ban dan AC yang terdengar. Mungkin dengan mengganti ban premium, suara dari jalan bisa lebih teredam.
Salah satu keunggulan utama mobil ini adalah suspensinya. Suspensi depan dan belakang terasa sangat nyaman dengan karakter empuk khas mobil Jepang. Meskipun empuk, handling tetap sangat baik, terutama saat melewati speed trap dan berbelok. Mobil tidak terasa limbung dan tetap stabil, berkat bobot mobil yang cukup berat, yang mungkin juga berkontribusi pada kestabilannya.
Dalam pengujian kali ini, Tim Setir Kanan mencoba melakukan akselerasi 0-100 km/jam menggunakan GAC Aion Es dengan kondisi yang cukup realistis. Tim Setir Kanan tetap menyalakan traction control untuk keamanan, menggunakan AC dengan kipas yang diatur pada tingkat paling rendah, dan hanya ada dua orang di dalam mobil. Tim Setir Kanan juga menggunakan mode sport untuk menguji performa akselerasi.
Saat melakukan akselerasi, mobil ini menunjukkan karakteristik khas kendaraan listrik (EV) dengan respons tenaga yang instan dan mengesankan. Mobil ini langsung memberikan dorongan tenaga yang besar sejak awal dan rasanya cukup mengejutkan. Sejak dorongan pertama, tenaga mobil terasa kuat dan cukup mengejutkan. Meskipun tenaga rasanya sedikit dibatasi, mobil ini masih mampu mencapai 100 km/jam dalam waktu 12,25 detik. Hal ini bisa terbilang sangat bagus untuk EV.
Saat melaju di jalan tol, kecepatan maksimum mobil ini dibatasi 140 km/jam. meskipun pada pengaturan head unit, over speed warning dapat diatur hingga 200 km/jam. Batasan ini tidak mengurangi sensasi kencang dan tenaga yang ditawarkan oleh Aion Es.
Namun, kekuatan utama GAC Aion Es terletak pada kenyamanan suspensinya. Meskipun mengatasi jalan bergelombang, rusak, atau berbatu, suspensi mobil ini tetap memberikan kenyamanan luar biasa.
Rasa bantingan yang halus dan berkualitas melebihi ekspektasi pengemudi, bahkan setara dengan mobil-mobil yang harganya jauh lebih tinggi. Kenyamanan ini benar-benar membuat pengalaman berkendara menjadi sangat menyenangkan dan memuaskan bagi Tim Setir Kanan.
Meskipun GAC Aion Es memiliki harga yang tergolong tinggi, sekitar Rp 386 juta, mobil listrik ini tetap menawarkan nilai yang menarik untuk banyak orang. Jika kamu mencari sedan dengan kenyamanan berkendara yang luar biasa, Aion Es bisa menjadi pilihan yang sangat baik.
Mobil listrik ini menawarkan ruang yang luas di baris kedua, bahkan jika dibandingkan dengan sedan Eropa yang harganya miliaran rupiah, Aion Es masih mampu bersaing, terutama dalam hal kenyamanan penumpang di baris kedua. Saat ini, Aion Y Plus tersedia dalam warna putih, seperti unit yang Tim Setir Kanan sedang coba.
Nah itu dia, review singkat tentang GAC Aion Es yang bisa jadi pilihanmu. Apabila harga mobil listrik di atas masih terasa cukup mahal, kamu tidak perlu khawatir karena Setir Kanan punya solusinya! Kamu bisa menemukan mobil bekas yang lebih terjangkau di Setir Kanan.
Setir Kanan menyediakan layanan jual beli mobil bekas harga cerdas yang telah diuji kelayakannya. Dengan penawaran menarik berupa DP 0%, atau cukup bayar 2x angsuran pertama untuk unit bertanda khusus, serta cicilan ringan mulai dari Rp 70 ribuan/hari saja, kamu bisa membawa pulang mobil impianmu!
Tunggu apa lagi? Yuk, segera kunjungi Setir Kanan sekarang juga!
Rabu, 06 November 2024
Rabu, 06 November 2024
Selasa, 05 November 2024
Selasa, 05 November 2024
Senin, 04 November 2024
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024