Senin, 27 Februari 2023
Diupload oleh : @Setir Kanan Creatives
Bagikan:
Banyak orang bilang bahwa mobil transmisi manual lebih sulit dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis alias matic. Sehingga banyak yang menyimpulkan bahwa jika seseorang bisa mengemudikan mobil transmisi manual, maka akan mudah baginya untuk mengemudikan mobil transmisi otomatis. Apakah benar demikian?
Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu mobil transmisi manual dan transmisi otomatis, berikut penjelasannya. Mobil dengan transmisi manual artinya mobil tersebut menggunakan kopling dan susunan roda gigi yang harus diatur secara manual oleh si pengendara ketika menjalankannya.
Transmisi sendiri merupakan komponen pada mesin mobil yang berfungsi untuk mengubah kecepatan dan tenaga putar. Kecepatan dan tenaga putar ini didapatkan mesin dari roda untuk menggerakkan mobil.
Mobil transmisi manual memiliki perbedaan yang dapat diidentifikasi dari beberapa komponen interior seperti adanya tiga buah pedal. Pedal paling kiri digunakan untuk mengoperasikan kopling secara manual, bagian tengah untuk rem, dan yang kanan untuk gas. Satu lagi yang menjadi identitas atau ciri-ciri mobil bertransmisi manual terletak pada bentuk tuas transmisinya.
Berbeda dengan mobil transmisi manual, pada mobil transmisi otomatis hanya terdapat dua pedal, yaitu untuk rem dan gas. Pengoperasian pada mobil transmisi otomatis dilakukan dengan memindahkan gigi secara otomatis sesuai tekanan gas pedal dan kecepatan mobil. Dengan begitu, posisi gigi bisa bertambah secara otomatis ketika tekanan pada gas pedal meningkat.
Nah, jika dalam waktu dekat kamu berencana belajar mobil transmisi manual yang “katanya” lebih sulit untuk dioperasikan, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut:
Kamu harus memahami betul mengenai cara mengoperasikan pedal kopling. Komponen yang berfungsi untuk perpindahan gigi transmisi ini tidak bisa hanya asal diinjak atau dilepas begitu saja. Ketika akan melepaskan pedal kopling, sebaiknya lakukan secara perlahan jangan terburu-buru agar mobil tetap smooth atau halus dan tidak loncat.
Jangan menempatkan kaki kiri pada pedal kopling secara terus menerus. Hal ini akan menyebabkan kopling tertekan dan mempercepat kampas kopling aus.
Untuk kenyamanan dan keamanan selama berkendara, kamu juga sebaiknya memperhatikan model perpindahan gigi. Hal ini karena model perpindahan transmisi tidak sama antara mobil yang satu dengan yang lainnya.
Setelah mengetahui apa itu mobil transmisi manual dan bagaimana cara mengoperasikannya, berikut ini kami rekomendasikan beberapa mobil transmisi manual yang murah untuk kamu yang baru belajar mobil.
Sumber: ACC ONE
Dalam jajaran produk Daihatsu, Ayla memang bukan yang paling laris. Peringkatnya masih berada di bawah Gran Max dan Sigra. Meski demikian, keberadaannya jelas menjadi pilihan tersendiri bagi konsumen yang ingin memiliki mobil baru dengan harga murah.
Bahkan pada awal kemunculannya, mobil ini menyasar konsumen dengan profil “first car owner”. Didukung dengan bodi yang ringkas dan mesin yang hemat bahan bakar, Daihatsu Ayla sesuai untuk digunakan sehari-hari.
Dengan mesin 1.000 cc, mobil ini memiliki panjang 3.640 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm. Sedangkan untuk mesin 1.200 cc, dimensi panjangnya 2.455 mm dan wheelbase 2.450 mm.
Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur dasar seperti AC, power steering, dan head unit 1 DN. Dilansir dari situs resmi Daihatsu, harga termurah mobil ini adalah Rp106,7 juta untuk varian Ayla 1.0 D MT.
Penasaran dengan mobil transmisi manual satu ini? Yuk simak review lengkapnya tentang Daihatsu Ayla 1.2 X M/T 2021 dibawah.
Sumber: zigwheels.com
Mobil transmisi manual yang cocok bagi kamu yang baru belajar selanjutnya adalah Daihatsu Xenia tipe 1.3 M MT dan tipe 1.3 X MT. Meski relatif tampil polos, namun Xenia sudah dilengkapi dengan fitur-fitur mumpuni. Seperti head unit layar 7 inci, Long Sofa Mode di baris kedua dan ketiga, AC double blower, AC digital, Card holder, dan sensor parkir.
Untuk fitur keselamatan, varian 1.3 X MT sudah dilengkapi dengan rem ABS dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan dua airbags. Mesinnya menggunakan 1NR-VE yang mampu menyemburkan tenaga puncak 97,9 dk untuk setiap 6.000 rpm, dan torsi maksimum 121 Nm pada putaran 4.200 rpm.
Dua varian Xenia termurah tipe 1.3 M MT dan 1.3 X MT ini masing-masing dibanderol dengan harga Rp 190,9 juta dan Rp193,9 juta.
Sumber: Honda Indonesia
Honda Brio Satya varian S MT menjadi salah satu mobil transmisi manual yang patut dipertimbangkan. Dengan tipe body hatchback yang memiliki panjang 3.800 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm ini sudah dilengkapi dengan airbag dan Active Emergency Braking System.
Ditambah dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD) serta security alert dan Immobilizer. Ada tiga tipe Honda Brio Satya dengan transmisi manual, yakni tipe S MT, tipe E MT , dan tipe RS MT. Mobil yang cukup lengkap ini dibanderol seharga mulai Rp156,9 juta saja.
Sumber: CNN Indonesia
Meski bukan selera kebanyakan orang, namun Karimun Wagon R memiliki pesona dan daya tariknya tersendiri. Untuk tipe GL dibekali dengan motif yang stylish dan tak pasaran seperti kompetitornya. Sudah dilengkapi dengan power window, pemutar radio, CD, AUX, dan USB untuk fitur hiburannya.
Kluster kokpit juga ditambah dengan putaran mesin tak hanya speedometer dan odometer digital. Dilengkapi dengan airbag, Immobilizer, pengingat sabuk pengaman, Security alert, dan Child Safety Lock. Perawatannya pun terbilang murah karena mesinnya awet dan bandel khas Suzuki.
Hal unik lain dari Karimun Wagon R adalah mobil ini dilengkapi Auto Gear Shift (AGS). Fitur ini menggabungkan dua sistem transmisi, manual dan otomatis menjadi satu, untuk membuat berkendara menjadi lebih praktis. Terdapat tiga tipe mobil Karimun Wagon R yang bisa kamu pilih, yakni tipe GL, GX, GS. Harganya dibanderol mulai Rp135,5 juta saja.
Sumber: toyota.astra.co.id
Mobil transmisi manual yang pas untuk kamu yang baru belajar nyetir mobil selanjutnya adalah Toyota Agya. Disamping harganya yang sangat terjangkau, mobil ini juga memiliki fitur keamanan yang canggih ditambah dengan tampilan yang sporty.
Mobil dengan dimensi panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm serta jarak sumbu roda 2.455 mm ini sudah dilengkapi dengan rangka kokoh serta fitur suspensi Macpherson Strut di bagian depan dan Semi Independent torsion di bagian belakang.
Dilengkapi pula dengan head unit layar sentuh yang berfungsi sebagai Advance Entertainment yang bisa memutar CD, Radio AM/FM, pengontrol suara, Bluetooth, dan soket USB. Audio yang dihasilkan juga cukup berkualitas. Setir kemudinya sudah dilengkapi dengan fitur Audio Steering Switch.
Tak hanya itu, AC digital juga sudah ada di mobil ini. Untuk fitur keselamatannya cukup lengkap, diantaranya ada Dual Supplemental Restraint System (SRS), Anti-lock Braking System (ABS), dan ISOFIX yang memberikan kemudahan dalam memasang kursi khusus bayi dengan keamanan internasional. Toyota Agya 1.2 G MT dibanderol hanya seharga Rp159,7 juta.
Jika ini adalah kali pertama kamu membeli mobil, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum akhirnya memutuskan membeli mobil jenis apa.
Visibilitas. Visibilitas adalah hal penting yang akan membuatmu nyaman berkendara. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis mobil yang menyediakan visibilitas lebih baik dibanding jenis lainnya. Maka dari itu, pastikan untuk mengujinya terlebih dahulu sebelum membeli.
Style. Meski style bukanlah segalanya, namun setidaknya pilihlah mobil yang sesuai dengan style kamu, agar lebih percaya diri ketika berkendara.
Keamanan. Keselamatan dalam berkendara merupakan hal terpenting yang harus dipertimbangkan. Pilihlah mobil yang memiliki fitur keamanan yang mumpuni demi keselamatan dalam berkendara.
Mobil transmisi manual tidak bisa dijadikan ukuran seseorang bisa mengendarai mobil dengan baik. Karena, baik mobil transmisi manual maupun otomatis memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Sobat Setir perlu membiasakan diri sebelum menggunakan mobil tersebut. Namun begitu, mobil transmisi manual memiliki beberapa kelebihan, seperti:
Konsumsi bahan bakar lebih irit
Akselerasi lebih optimal
Engine break lebih maksimal
Perawatan mudah dan murah
Harga mobil bersaing
Kekurangannya terletak pada tingkat kesulitan yang lebih dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis dan bikin kaki kiri cepat pegal karena harus bolak balik menginjak kopling.
Seiring perkembangan teknologi di industri otomotif, berbagai transmisi mobil bermunculan. Seperti transmisi otomatis, Continuously Valve Transmission (CVT), Triptonic, dan Automated Manual Transmission (AMT).
Meski demikian, keberadaan mobil transmisi manual masih banyak disukai dan digunakan oleh beberapa pecinta otomotif. Mereka umumnya menyukai transmisi manual karena mobil terasa lebih enak diajak berakselerasi. Kalau Sobat Setir sendiri, lebih suka mobil transmisi manual atau otomatis?
Jika kamu sedang mencari mobil transmisi manual, Setir Kanan punya solusinya. Kamu bisa mencari di SETIR KANAN yang merupakan platform jual beli mobil bekas yang menawarkan beragam merek dan tipe kendaraan sesuai kebutuhan . Mobil bekas yang tersedia pastinya lengkap dengan surat-surat, sehingga kamu tak perlu takut lagi adanya resiko di kemudian hari. Tersedia banyak Mobil Bekas Harga Cerdas dengan promo cicilan mulai Rp 70ribuan/hari di SETIR KANAN, yuk langsung cek website-nya!
Senin, 01 Juli 2024
Selasa, 26 September 2023
Senin, 17 Juli 2023
Jumat, 28 Juni 2024
Jumat, 24 Maret 2023
Jumat, 05 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Rabu, 26 Juni 2024
Selasa, 25 Juni 2024